Pages

SM-3T: Kerinduan

"Seorang peserta SM-3T Unesa langsung menghambur ke pelukan saya, saat kunjungan monitoring ke lokasi di wilayah Sumba Timur.

SM-3T: Kebersamaan

"Saya (Luthfiyah) bersama Rektor Unesa (Muchlas Samani) foto bareng peserta SM-3T di Sumba Timur, salah satu daerah terluar dan tertinggal.

Keluarga: Prosesi Pemakaman di Tana Toraja

"Tempat diadakannya pesta itu di sebuah kompleks keluarga suku Toraja, yang berada di sebuah tanah lapang. Di seputar tanah lapang itu didirikan rumah-rumah panggung khas Toraja semi permanen, tempat di mana keluarga besar dan para tamu berkunjung..

SM-3T: Panorama Alam

"Sekelompok kuda Sumbawa menikmati kehangatan dan kesegaran pantai. Sungguh panorama alam yang sangat elok. (by: rukin firda)"

Bersama Keluarga

"Foto bersama Mas Ayik dan Arga saat berwisata ke Tana Toraja."

Rabu, 24 Juli 2019

Menikmati Gojek (2)

Hari ini kami sudah bersiap di lobi Hotel Ibis Trans Studio pukul 09.30. Saya, Prof. Budi Unnes, Prof. Joko UM, Dr. Khafid Unnes, dan teman-teman yang lain seperti mas Alfath Yanuarto dan mas Agoes Primono Sardjono dkk. Kami memiliki agenda yang sama, menghadiri undangan resepsi pernikahan puteri tunggal Direktur Belmawa Ibu Paristiyanti Nurwardani. Karena acara digelar di Hotel Grand Pasundan, kami semua menumpang grab. Golongan tua seperti saya, Prof Budi, Prof Joko, dan Pak Khafid, satu mobil tersendiri. Mas Alfath dkk, satu mobil tersendiri.

Namanya juga pejabat yang punya gawe, ramainya sudah terasa bahkan sebelum pintu gerbang hotel tempat acara. Termasuk ramai dengan karangan bunga ucapan selamat. Dari para pejabat kementerian, rektor PTN dan PTS, direktur poltek, dll. Keramaian tentu saja semakin terasa di dalam gedung.

Singkat cerita, acara demi acara berjalan dengan lancar. Mempelainya cakep-cakep. Bu Paris dan suami serta besannya, anggun dan ngganteng. Saya pribadi melihat 'sisi keibuan' Bu Paris yang sangat kental. Sempat saya abadikan saat beliau membetulkan hiasan melati di baju putrinya. Bu Paris di mata saya adalah gabungan antara ketegasan dan kelembutan. Seorang pimpinan yang kuat dan tegas sekaligus lembut keibuan.

Setelah bersalaman dengan bu Paris sekalian dan mempelai, kami menikmati hidangan. Sedapatnya. Karena tamu sangat banyak dan di setiap tempat makan antrian berjubel, di mana kami bisa menjangkau hidangan, di situlah kami menikmatinya. 

Kami keluar dari gedung sekitar pukul 12.15. Prof. Edy Unnes, yang kamarnya kami penuhi dengan bagasi-bagasi kami, harus check out dari Grand Pasundan. Maka kami pun juga harus mengemasi barang-barang kami.

Di lobi, teman-teman langsung mengambil grab atau go car tujuan bandara. Pulang ke kota masing-masing. Tetapi saya harus kembali ke Hotel Hemangini, bergabung dengan teman-teman asosiasi profesi boga yang masih berkegiatan di sana. Saya memesan go car. Ditemani pak Fatkurrohman Kafrawi dan Mas Agoes serta Mas Alim Sumarno yang tidak tega membiarkan saya menunggu sendiri. Namun driver go car nge-chat, dia pada posisi terjebak kemacetan dan menyarankan saya untuk cancel. 

Seketika saya terpikir kenapa tidak nggojek motor saja seperti kemarin. Di tas saya ada celana panjang, dan saya bisa mengganti rok saya dengan celana panjang. 

Dan nggojek lagilah saya siang ini. Dengan sandal high heels saya. Ternyata padatnya jalan melebihi hari kemarin. Puluhan titik kemacetan yang harus kami lalui membuat kaki saya kesemutan. Asap kendaraan bercampur debu tercium cukup menusuk. Driver yang bernama Adang itu tersendat-sendat menjalankan motornya. Sesekali dia mengerem mendadak hampir menyenggol motor di depannya. Tas saya pun sempat tersenggol motor di belakang saya. Beberapa motor menerobos naik ke trotoar. Mas driver selalu berusaha mencuri space sedikit demi sedikit di setiap titik kemacetan, berebut dengan pengendara lain. Sejam lebih saya dalam kondisi seperti itu, dan turun dari motor dengan kondisi kaki kesemutan dan punggung sakit. Tapi saya menikmati semuanya dan menyadari betapa hidup ini begitu keras. Hehe.

Tak terbayang berapa jam yang harus saya tempuh jika saya naik go car atau grab. Bersyukur ada gojek yang memberikan pengalaman dan pelajaran tentang berjuang. 

Beberapa teman asosiasi melontarkan keheranannya karena saya mau naik gojek. Saya bilang, macet boleh tapi hidup harus terus berlanjut....hehe.

Senin, 22 Juli 2019

Menikmati Gojek (1)

Pagi ini, saya mendarat di Husein Sastranegara, Bandung, sekitar pukul 09.45. Teman-teman kolega, Bu Any Sutiadiningsih, dik Nugrahani Astuti, dan dik Sri Handajani, sudah menunggu di dekat pengambilan bagasi. Mereka tiba lebih dulu karena naik Nam Air. Saya sendiri naik Wings Air karena lagi malas bangun pagi. Hehe. Tapi mereka berkenan menunggu saya supaya bisa bersama-sama menuju tempat kegiatan.

Kami nge-grab dari bandara ke Hotel Hemangini. Menghadiri kegiatan asosiasi profesi. Diskusi tentang kurikulum prodi pendidikan tata boga Indonesia. Bersama perwakilan teman-teman dosen tata boga seluruh Indonesia. Mencoba bersepakat untuk merumuskan kurikulum nasional prodi.

Pukul 17.30, saya pamit geser ke Hotel Ibis Trans Studio. Tapi dengan janji, saya akan balik lagi besok selesai kegiatan di Ibis. Bu Ai Nurhayati, sekretaris asosiasi, menyarankan saya naik grab, tapi pasti akan terjebak macet, katanya.

Karena tidak ingin terjebak macet, saya memilih naik gojek motor. Sore begini jalanan pasti padat. Dan saya tidak ingin lebih lama terlambat. Sekitar dua jam yang lalu rapat di Ibis mestinya sudah dimulai. Sekarang mungkin lagi break. Saat rapat dimulai lagi setelah makan malam nanti, saya harus sudah berada di sana. Kalau saya naik grab, bisa-bisa saya masih bergelut dengan macet sampai selepas isya.

Naik gojek itu asyik. Apa lagi senja mulai jatuh dan lampu-lampu kota mulai menyala. Romantis. Si Abang Gojek yang kecil langsing itu, namanya Basir, ramah, baik, tapi motornya butut. Meski butut, larinya kenceng. Juga lihai meliuk-liuk, benar-benar meliuk-liuk, di antara mobil-mobil yang jalannya tersendat-sendat karena macet. Udara dingin sekali, namun masih cukup bersahabat bagi saya karena saya sudah mengantisipasi  dengan jasket.

Menikmati gojek termasuk langka bagi saya. Tubuh yang mulai menua ini tidak terlalu tahan dengan terpaan angin dan debu. Namun kadang saya ingin menikmati gojek. Tidak sekadar untuk menghemat waktu. Tapi untuk menikmati sensasinya. Berkendara di bawah terik matahari, meliuk-liuk di antara mobil-mobil, ngebut di jalan yang agak lengang, asyik juga. 

Suatu ketika saya pernah nggojek di Semarang. Naik dari depan Hotel Patra Jasa menuju Museum 3-D. Karena saya sendirian, seorang petugas museum menemani saya dan membantu saya motret-motret. Dari situ, saya nggojek lagi ke Lawang Sewu. Karena saya juga sendirian, seorang guide mendampingi saya dan menjelaskan setiap sudut Lawang Sewu. Setelah puas, saya baru balik ke hotel. Lagi-lagi, nggojek.

Grab, Uber, gojek dengan segala layanannya mulai dari antar jemput, pesan antar makanan sampai pijat dan bersih-bersih rumah, sungguh luar biasa memudahkan. Membuat hidup jadi lebih praktis dan lebih banyak pilihan. Kita tidak harus naik taksi bandara yang, mohon maaf, drivernya kadang-kadang tidak jujur dan penuh dengan modus. Ada grab di beberapa bandara. Resmi. Dengan harga yang mungkin tidak terlalu jauh selisihnya dibanding taksi konvensional, namun kita tak perlu khawatir akan diputer-puter sama Abang Driver. 

Saat berkegiatan di luar kota, beberapa kali saya terpaksa pindah hotel dalam satu hari. Dengan hitungan waktu yang tidak terlalu leluasa untuk dibagi. Nah, pada saat itulah saya akan memilih apakah saya naik grab, go car, atau gojek. Beberapa kali saya mengalami dikecewakan oleh taksi konvensional. Meskipun saya sudah pernah mengadukan kekecewaan saya pada customer service dan pengaduan saya direspon dengan sangat simpatik, tapi yang namanya sudah terlanjur kecewa, apa lagi ada pilhan lain, maka jadilah saya sering berpaling, berpindah ke lain hati. Hehe.

Jumat, 26 April 2019

PKK, Layakkah Tetap Bernaung di Bawah FT?


Oleh Luthfiyah Nurlaela

Tulisan ini diilhami oleh sebuah kegelisahan yang cukup lama sekali mengendap. Sejak munculnya kebijakan wider mandate bagi lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK), atau Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP), pada tahun 1999. Dengan kebijakan perluasan mandat tersebut, IKIP yang awalnya hanya menaungi program studi pendidikan, diizinkan untuk membuka program studi murni. Sejak saat itu, fakultas pendidikan teknologi kejuruan (FPTK) di semua IKIP negeri berubah menjadi fakultas teknik (FT). Mulai saat itu juga, keberadaan jurusan PKK di bawah FT sebenarnya sungguh sangat tidak relevan.
Sejarah PKK masuk dalam payung FT tidak terlepas dari sejarah Pendidikan Teknologi dan Kejuruan di Indonesia. PKK sebelumnya bernaung di bawah Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Lantas pada tahun 1983, di IKIP Surabaya (yang sekarang menjadi Unesa), berdasar Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, nama Fakultas Keguruan Teknik (FKT) berubah menjadi Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (FPTK). Bersamaan dengan itu juga PKK yang sebelumnya berada di bawah FIP, berintegrasi di bawah FPTK. Pengintegrasian ini tentu saja dengan salah satu pertimbangan karena PKK mengandung muatan teknologi dan kejuruan.
PKK, yang di dalamnya terdapat program studi tata boga, tata busana, dan tata rias, salah satu tugas utamanya adalah menyiapkan guru-guru di SMK Kelompok Pariwisata. Sama halnya degan Teknik Mesin, Teknik Bangunan, Teknik Elektro, yang berada dalam naungan FT, salah satu tugas pokoknya adalah menyiapkan guru-guru di SMK, namun dalam kelompok Teknologi dan Rekayasa. Maka sangat bisa dipahami bila PKK bergabung dalam payung FPTK. Saat itu.
Pada tahun 1999, sejalan dengan kebijakan “wider mandate”, IKIP Surabaya berubah menjadi Universitas Negeri Surabaya melalui Surat Keputusan Presiden RI Nomor 93 tahun 1999. Pada saat itu, Jurusan PKK sebenarnya mulai tidak terlalu ‘match’ ada dalam payung FT, karena basic keilmuan di FT adalah “pure engineering”. Namun demikian, karena belum memungkinkan untuk melepaskan diri dan menjadi fakultas yang berdiri sendiri, PKK tetap terintegrasi dalam FT sampai sekarang.
Pada tahun 2017, jurusan PKK mulai menyusun naskah akademik dan proposal pendirian fakultas. Nama yang diusulkan awalnya adalah Fakultas Ilmu Kesejahteraan Keluarga (FIKK). Beberapa kali naskah akademik dan proposal direvisi berdasarkan masukan dari berbagai pihak, termasuk pihak rektorat dan Ristekdikti. Nama terakhir yang disetujui oleh Ristekdikti, setelah dilakukan visitasi, adalah Fakultas Ilmu Keluarga dan Kewirausahaan (FIKK).
Selanjutnya pada awal Agustus 2018, Direktorat Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Dirjen Kelembagaan Iptek dan Dikti) Kemristekdikti, menerbitkan surat tentang usul pendirian FIKK, bersamaan dengan usul pendirian Fakultas Seni dan Desain. Isi surat tertanggal 7 Agustus 2018 itu intinya adalah Kemristekdikti tidak keberatan atas usul pendirian kedua fakultas tersebut. Pada saat itu, jurusan PKK sangat optimis bisa berdiri sendiri sebagai fakultas yang terpisah dengan FT.
Setelah ditunggu berberapa bulan, bahkan sudah melewati tahun 2018 dan menginjak 2019, surat izin dari kemristekdikti belum juga terbit. Ternyata penantian itu sia-sia. Berdasarkan surat dari Dirjen Kelembagaan Iptek dan Dikti tertanggal 14 Februari 2019, diberitahukan bahwa usul pendirian fakultas FIKK tidak dapat diproses lebih lanjut. Dalam surat tersebut, alasan penolakan tidak dijelaskan.

            Kajian Historis dan Body of Knowledge Ilmu Kesejahteraan Keluarga (IKK)
Di atas disinggung bahwa setelah FPTK menjadi FT, sesungguhnya PKK sudah tidak relevan lagi berada dalam naungan FT. Untuk menjelaskan hal ini, perlu dicermati tubuh keilmuan (body of knowledge) Ilmu Kesejahteraan Keluarga (IKK), yang merupakan core keilmuan PKK.
IKK diterjemahkan dari istilah Home Economics dan/atau Family and Consumer Sciences. Dua istilah ini secara luas digunakan di negara-negara maju seperti Amerika, Australia, dan negara-negara Eropa, dan juga beberapa negara di Asia.
Menilik sejarahnya, IKK mulai diajarkan secara formal sejak 1871, saat kelas home economics pertama dibuka di Iowa State College, dengan mata kuliah yang disebut ‘domestic economy’. Disusul kemudian oleh Kansas Agricultural College tahun 1873, dan Illinois Industrial University pada tahun 1874. Sejak saat itu, kesempatan pendidikan bagi perempuan terbuka luas.
Pada tahun 1899, pelatihan-pelatihan yang bersifat akademik dan pendidikan bagi orang dewasa, bersamaan dengan meningkatnya jumlah imigran, industrialisasi, dan urbanisasi, menjadi embrio pengembangan disiplin ilmu IKK, yang digagas pertama kali di Konferensi Lake Placid tentang Home Economics. The Lake Placid Conferences on Home Economics (1899–1909) juga menghasilkan American Home Economics Association (AHEA) dan Journal of Home Economics. Misi bidang Home Economics sebagaimana dikemukan adalah “to improve family wellbeing by enabling families to be successful in their reciprocal relationships with the environments in which they function. “
Perkembangan home economics dan tubuh pengetahuannya (body of knowledge) mulai dipertimbangkan pada akhir abad ke-19, dan mengalami perubahan yang cepat sebagai akibat dari revolusi industri. Perubahan ini memiliki dampak yang signifikan terhadap isu-isu sosial kehidupan keluarga, kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan, dan mengubah tatanan keluarga dan kehidupan keluarga (Reiger, 1986). IKK muncul sebagai dampak dari isu-isu sosial pada kesehatan dan kesejahteraan keluarga.
Pada awalnya (1880-1924) IKK muncul dalam menanggapi isu-isu sosial saat itu. Hal ini dianggap sebagai fase yang sangat progresif, disertai dengan gelombang pertama feminisme yang melegitimasi pekerjaan perempuan. Dasar dari kajian ini adalah praktek kerja diintegrasikan dengan misi sosial. Body of knowledge IKK meliputi: sanitasi, kesehatan, manajemen keluarga dengan menggunakan dasar-dasar ilmiah, serta pengakuan kontribusi bidang seni dan masuknya perspektif sosial dan filosofis. Pengajaran keterampilan hidup (life skill) adalah fokus utama dari IKK pada awalnya (AAFCS, 2006).
Pada perkembangan selanjutnya, penekanan IKK bergeser ke fokus yang lebih besar yaitu pada manajemen dan efisiensi dalam menghadapi iklim sosial, ekonomi dan politik (akibat  Perang Dunia 2). Paradigma ilmiah terus dimanfaatkan untuk memperjuangkan kesejahteraan individu, bersamaan dengan penekanan pada ekonomi konsumen (consumer economics).
IKK merespon peningkatan konsumerisme dengan terus fokus pada konsumen dan paradigma ilmiah (1961-1981). Selama tahun 1970-an paradigma organismik diadopsi. Paradigma ini mengidentifikasi pentingnya hubungan antara individu dan anggota keluarga (McGregor, 1997). Paradigma organismik memaknai keluarga adalah sebuah kesatuan dimana di dalamnya terdapat bagian–bagian yang dibedakan. Bagian-bagian dari sistem tersebut mempunyai fungsi masing–masing yang membuat sistem menjadi seimbang.
Selanjutnya (1982-2002), adalah periode globalisasi dan post-modern. IKK terus fokus pada pentingnya keluarga dan kebutuhan keluarga. Dalam menanggapi perubahan sosial yang cepat, IKK mempromosikan penggunaan paradigma kontekstual, yaitu sebuah perspektif kritis global yang eco-centered.
Selanjutnya pada 2006, IKK mengalami kebangkitan global sebagai komunitas, bergulat dengan sejumlah masalah yang berhubungan dengan kesehatan, berkaitan secara langsung dengan pilihan makanan yang mempengaruhi kesejahteraan individu dan keluarga.
IKK dideskripsikan sebagai profesi yang interdisipliner dan multidisipliner, dengan pentingnya keluarga sebagai inti (core) dari segala sesuatu yang dilakukan oleh para profesional di bidang tersebut (Kieren, Vaines & Badir, 1984; Vaines, 1980; Pendergast, 2005). Dalam mobilitas masyarakat global  saat ini, ada kebutuhan untuk konsisten  dalam hal bahasa umum yang diakui secara internasional. International Federation for Home Economics (IFHE) meresmikan pemahaman internasional tentang home economics, yaitu: “The study of household management for achieving the highest quality of life”(IFHE, 2004). IFHE mendukung kebutuhan IKK untuk mengajarkan teori yang penting dan terpadu secara kultural untuk peningkatan kapasitas manusia, dan mengidentifikasi tantangan yang ada guna mempertahankan kualitas hidup yang lebih baik dan mengembangkan kompetensi hidup. Selain itu, IKK harus dilihat dalam konteks 'studi keluarga', dan sebaliknya, dalam konteks holistik. Deskripsi yang lebih diperluas adalah: 1) peningkatan kualitas hidup sehari-hari bagi individu, keluarga dan rumah tangga melalui pengelolaan sumber daya mereka; 2) menyoroti dampak dari dampak sosial, ekonomi dan lingkungan pada pengelolaan kehidupan sehari-hari individu, keluarga dan rumah tangga; dan 3) memperluas pemahaman pandangan ekologi dari individu, keluarga dan rumah tangga di lingkungan yang lebih besar (IFHE, 2004).
The American Association of Family and Consumer Sciences (AAFCS) mengidentifikasi bahwa body of knowledge dari home economics didefinisikan sebagai konten yang memiliki hubungan langsung dengan isu-isu sehari-hari yang dihadapi oleh individu karena mereka berinteraksi dengan keluarga dan lingkungan. Hal tersebut meliputi: kebutuhan dasar manusia (basic human needs), keterampilan komunikasi, kebijakan publik, berpikir kritis, perbedaan dan perspektif global. Tema-tema khusus meliputi: makanan dan gizi, perkembangan teknologi masa depan, tekstil, perumahan, ekonomi dan manajemen, hubungan dengan kepemimpinan sosial, dan kesejahteraan (AAFCS, 2006).
Dalam kawasan Pasifik Selatan, Home Economics Institute of Australia (HEIA) menjadi pelopor penelitian di bidang home economics. Fokus utama pendidikan home economics adalah kesejahteraan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini memungkinkan siswa untuk mengatasi tantangan yang semakin kompleks yang berkaitan dengan kesejahteraan mereka termasuk yang terkait dengan pembangunan manusia dan hubungan serta penyediaan komoditas seperti makanan, pakaian, dan tempat tinggal. Hal ini juga berkaitan dengan perubahan yang akan membawa masyarakat menjadi lebih adil dan sejahtera. Home economics mewujudkan dinamika perubahan. Ketika kita bergerak melalui milenium baru, masyarakat dan juga individu membutuhkan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang dikembangkan dalam kajian home economics (HEIA, 2002).
Singkatnya, meskipun banyak variasi antara negara dalam implementasi home economics, ada tema pemersatu yang jelas, yaitu: 1) home economics responsif terhadap perubahan; 2) perubahan zaman memerlukan cara berpikir yang baru. Dalam hal ini khususnya adalah keterampilan berpikir kritis, berpikir reflektif, dan metakognisi; 3) Tema meliputi kesehatan, teknologi, saling ketergantungan global, pembangunan manusia, pengembangan/manajemen sumber daya; 4) individu, keluarga dan masyarakat, diri dan masyarakat diidentifikasi sebagai body of knowledge secara umum; 5) tantangan dan isu-isu sosial, ekonomi dan lingkungan, dan keutuhan keluarga global; 6) tema yang lain meliputi keluarga, pangan dan gizi, persiapan makanan, manajemen dan pilihan konsumen; 7) spesialisasi termasuk pangan dan gizi, perkembangan masa depan dalam penciptaan makanan, pakaian dan tekstil, tempat tinggal, ekonomi dan manajemen, hubungan dan kepemimpinan sosial, kesehatan; dan 8) penerapan pengetahuan untuk konteks yang relevan dan otentik, termasuk persiapan makanan.
Relevan dengan uraian di atas, secara definitif, istilah home economics menurut Webster’s Encyclopedia adalah:“A science and art dealing with homemaking and relation of home to community, theory and practice concerning to the selection and preparation of food and clothing, condition of living, the use of income, the care and training children etc., also the study of teaching at Home Economics Department concerned with this.”. Definisi yang lain dari International Federation for Home Economics (IFHE) mengemukakan bahwa: Home economics is the profession and field of study that deals with theeconomics and management of the home and community”.
Berdasarkan definisi di atas jelaslah bahwa home economics atau IKK tidak hanya mempersoalkan bagaimana keluarga memenuhi kebutuhan biologisnya saja. Namun juga harus dapat menjalankan perannya sebagai bagian masyarakat, dapat menjadi tempat pendidikan anak-anak, sekaligus mampu menjangkau kebutuhan lain, yaitu kebutuhan psikologis, sosial dan spiritual.

Tinjauan Ontologis, Epistemologis, dan Aksiologis IKK
Gambaran tentang body of knowledge juga perlu dikaji dari tiga komponen dasar. Tiga komponen dasar tersebut adalah: (1) apa yang dikaji (ontologi), (2) bagaimana cara mendapatkannya (epistemologi), dan (3) untuk apa ilmu tersebut dipergunakan (aksiologi) (Surisumantri, 1984).
Bagaimana dengan IKK? Dalam kelompok ilmu, IKK dapat dimasukkan ke dalam ilmu sosial terapan. Sebagaimana pendidikan, yang merupakan aplikasi berbagai konsep ilmu-ilmu sosial murni, seperti itu jugalah IKK. Parker (1980) menyatakan bahwa IKK sebagai ilmu yang tidak dapat berdiri sendiri, namun menggunakan hasil penelitian dari ilmu lain, baik ilmu murni maupun terapan, seperti fisika, kimia, bakteriologi, biologi, antropologi, psikologi, sosiologi, ekonomi, kedokteran, ilmu gizi dan ilmu pendidikan. Selain sebagai cabang ilmu pengetahuan, bidang lain juga berkaitan erat, seperti agama, etika dan estetika. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa IKK merupakan suatu ilmu yang interdisipliner. Ilmu ini dapat berkembang karena ada pandangan bahwa segala bidang ilmu pengetahuan hendaknya diamalkan untuk mencapai kehidupan yang sejahtera (Winarni dan Luthfiyah, 1997; Nurlaela, 2010).
  
Gambar 1: Beberapa Cabang Ilmu yang Mewarnai IKK
(Rifai, 1983; Winarni dan Luthfiyah, 1997; Nurlaela, 2010)


                      
Segi ontologi IKK sudah cukup jelas, yaitu ilmu yang mempelajari tentang kehidupan dan penghidupan manusia, baik sebagai individu anggota keluarga, maupun sebagai anggota masyarakat. Sebagai ilmu, IKK mempunyai objek forma, yaitu: kehidupan keluarga dengan segala aspek untuk mencapai kesejahteraan keluarga. Bidang garapan IKK menurut Rifai (1983) meliputi: (1) hubungan intra keluarga, (2) kesehatan mental keluarga, dan (3) bidang material. Bidang material mencakup: perawatan anak; perawatan remaja; perawatan pasien; perawatan ruang dan taman; pemilihan, pengolahan, dan penyiapan makanan; pemilihan, pembuatan dan pemeliharaan pakaian; penampilan personal; pengetahuan barang, dan sebagainya.

 
Gambar 2: Bidang Material IKK

Berkaitan dengan hal tersebut, seorang ahli IKK menyatakan bahwa:
“Home economics is a field of formal study including such topics as consumer education, institutional management, interior design, home furnishing, cleaning, handicrafts, sewing, clothing and textiles, cooking, nutrition, food preservation, hygiene, child development, and family relationships. It prepares students for homemaking or professional careers” (Phillips, Robert, Editor-in-Chief et al. 1971).
Untuk mempertegas eksistensi keilmuan IKK, perlu dipertanyakan apakah belum ada cabang ilmu lain yang mengkaji masalah tersebut? Parker (1980) mengemukakan bahwa IKK bukanlah satu-satunya bidang yang mempelajari aspek kehidupan keluarga, namun merupakan satu-satunya bidang ilmu yang memusatkan perhatiannya pada “seluruh” aspek kehidupan keluarga. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia; Sosiologi terutama memperhatikan kehidupan manusia dalam hubungannya dengan masyarakat, sedangkan ilmu kesehatan berusaha memperbaiki kesehatan manusia dan masyarakat. Antropologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia sebagai makhluk bio-sosial, yaitu sebagai makhluk yang berbudaya. Dibandingkan dengan IKK, maka IKK memusatkan perhatiannya langsung pada kehidupan manusia dan keluarga dengan segala aspeknya. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa dari segi ontologi, keberadaan keilmuan IKK dapat dipertanggungjawabkan.
Bagaimana ditinjau dari epistemologinya? Sebagai ilmu, dari segi epistemologi kebenaran IKK sudah cukup mantap. Selama ini para ahli IKK (home economist) telah mengembangkan berbagai teori yang sudah tervalidasi secara universal. Dengan demikian dapat dikatakan telah ditempuh prosedur keilmuan yang dapat dipertanggungjawabkan. Metode pengumpulan data seperti observasi, eksperimen, survei, dan lain-lain banyak digunakan dalam penelitian-penelitian bidang IKK. Berbagai bidang menjadi sasaran penelitian, misalnya makanan, pakaian, perumahan dan perabot rumah tangga, masalah jual-beli, pembagian dan penggunaan sumber-sumber keluarga, dan lain-lain, juga termasuk pendidikan/pembelajarannya.
Dari segi aksiologi, keberadaan IKK sebagai cabang ilmu juga sudah mantap, baik ditinjau dari segi normatif seperti terkandung dalam misi yang diemban, maupun pelaksanaan nyata yang telah berlangsung selama ini.
IKK yang diamalkan melalui PKK, baik formal, informal,  maupun nonformal, telah banyak memberi sumbangan dalam membawa peserta didik menjadi manusia yang dapat mengembangkan diri secara optimal, sejalan dengan bakat dan minatnya masing-masing. Dengan demikian diharapkan mereka dapat memiliki kepribadian seimbang, berjiwa makarya serta bertanggungjawab terhadap kesejahteraan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.
Sesuai dengan  "IFHE Position Statement 2008 - Home Economics in the 21st Century", Home Economics meliputi dimensi atau area praktik: 1) sebagai disiplin akademis untuk mendidik ilmuwan baru, untuk melakukan penelitian dan menciptakan pengetahuan baru dan cara berpikir untuk profesional dan untuk masyarakat; 2) sebagai wadah untuk hidup sehari-hari dalam rumah tangga, keluarga dan masyarakat untuk mengembangkan potensi pertumbuhan manusia dan kebutuhan manusia atau kebutuhan dasar yang harus dipenuhi; 3) sebagai area kurikulum yang memfasilitasi siswa untuk menemukan dan mengembangkan sumber daya mereka sendiri dan kemampuan untuk digunakan dalam kehidupan pribadi mereka, dengan mengarahkan keputusan profesional mereka dan tindakan atau mempersiapkan mereka untuk hidup; dan 4) sebagai wadah sosial dalam rangka mempengaruhi dan mengembangkan kebijakan untuk melakukan advokasi bagi individu, keluarga dan masyarakat untuk mencapai pemberdayaan dan kesejahteraan, serta untuk memfasilitasi masa depan yang berkelanjutan.
Dari sumber yang sama diperoleh pernyataan bahwa bidang IKK meliputi: 1) child development and guidance, 2) consumer education, 3) food and nutrition, 4) individual and family health, 5) Fashion, Textiles and Apparel, 6) Family and Human Development, dan 7) Housing and Furnishings.
Di Indonesia, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga sebagai gerakan pembangunan masyarakat dimulai sejak diselenggarakan Seminar Home Economics di Bogor pada 1957, yang menghasilkan 10 segi kehidupan keluarga. Selanjutnya pada 1960-1961, sebuah panitia antar departemen yang terdiri dari departemen pendidikan dan kebudayaan (depdikbud), departemen kesehatan (depkes), departemen pertanian (deptan), departemen sosial (depsos), departemen agama (depag), departemen dalam negeri (depdagri), dan organisasi wanita, menyusun tata susunan pelajaran PKK. Hasilnya adalah Rencana Pelajaran PKK, yang materinya “Sepuluh Segi Kehidupan Keluarga”. Di antara rentang waktu tersebut, yaitu pada 1961, kementerian pendidikan, pengajaran dan kebudayaan, menetapkan 10 segi kehidupan keluarga sebagai kurikulum PKK yang diajarkan di sekolah-sekolah dan pendidikan masyarakat sampai sekarang. Sepuluh segi kehidupan PKK itu meliputi: 1) Hubungan intra dan antar keluarga, 2) Mengasuh dan membimbing anak, 3) Makanan dan Gizi, 4) Pakaian, 5) Perumahan, 6) Kesehatan, 7) Keuangan, 8) Tatalaksana rumah tangga, 9) Keamanan lahir dan batin; dan 10) Perencanaan sehat.

Masih Layakkah PKK Bernaung di Bawah FT?
            Menilik dari uraian di atas, berdasarkan pada kajian historis, filosofis, dan body of knowledge IKK, nampak jelas bahwa PKK sangat dipaksakan bila tetap berada di bawah naungan FT. Namun bila penolakan usulan PKK menjadi FIKK dikarenakan alasan efisiensi, apa boleh buat. Meski sesungguhnya hal tersebut mengorbankan sesuatu yang lebih berarti dari sekadar efisiensi, yaitu pengembangan keilmuan bidang IKK.
            Menurut Cambridge Dictionary, fakultas adalah "a group of departments in a college that specialuze in a particular subject or group of subjects."  Sedang dalam Oxford Dictionary, fakultas diartikan sebagai "a group of university departments concerned with a major division of knowledge, eg.‘the faculty of arts’, ‘the law faculty’. Definisi secara umum adalah, "a division within a university comprising one subject area, or a number of related subject areas."  Berdasarkan definisi tersebut, PKK yang subject area-nya berbeda dengan jurusan keteknikan (teknik sipil, teknik mesin, teknik elektro, dan sebagainya), seharusnya tidak berada dalam satu fakultas yang sama.
            Di Ohio State University, dan juga di beberapa universitas di Amerika (misalnya Michigan State University, University of Wisconsin-Madison, Florida State University), Home Economics, yang juga disebut consumer and family sciences, memiliki level mulai dari sarjana, master, dan doktoral. Di University British of Columbia, Home Economics berdiri sebagai fakultas tersendiri dengan nama Home Economics Faculty. Di banyak negara, sebagaimana sudah disinggung sebelumnya, eksistensi PKK atau home economics begitu kuat. Kekuatan tersebut sangat dipengaruhi oleh keleluasaannya dalam pengembangan akademis-keilmuan, dan juga dukungan otonomi dalam pengelolaannya. Salah satunya karena mereka berdiri sebagai sebuah fakultas.
            Home economics atau PKK adalah sebuah payung yang besar. Di bawahnya, bernaung berbagai program studi. Setidaknya, saat ini, beberapa program studi tersebut adalah tata boga, tata busana, tata rias, ilmu gizi, pariwisata, perhotelan, usaha perjalanan wisata, dan sebagainya. Jumlah mahasiswa seluruhnya, hampir di semua LPTK, sudah setara dengan jumlah mahasiswa satu fakultas. Sumber daya yang tersedia, dosen dan tenaga kependidikan, sudah sangat layak sebagai modal mengelola sebuah fakultas. Begitu juga dengan sarana-prasarananya serta pembiayaannya.
            PKK hanya perlu izin untuk bisa berdiri tegak menjadi fakultas PKK, entah dengan nama apa pun. Menjadi sebuah fakultas artinya harus mampu mengelola diri-sendiri, mencari sumber-sumber untuk menghidupi diri-sendiri, tentu saja dengan memanfaatkan berbagai sumber yang tersedia, serta mengupayakan dari sumber-sumber pendanaan yang lain. Tidak mudah pasti. Namun memberi kesempatan dan peluang itu kepada PKK, patut menjadi pertimbangan pihak-pihak yang berwenang. Dalam usianya yang tidak muda lagi, meskipun tidak terlalu tua, PKK telah cukup memiliki bekal pengalaman untuk mencoba melepaskan diri dari tempatnya bergantung selama ini, dan menjadi sosok dengan jati dirinya.

Surabaya, 25 April 2019

Senin, 21 Januari 2019

E-Book: Strategi Belajar Berpikir Kreatif (Edisi Revisi)


Berpikir kreatif merupakan keterampilan yang sangat diperlukan bagi setiap orang. Keterampilan yang berhubungan dengan kemampuan seseorang untuk mengolah pikiran untuk menghasilkan ide-ide baru ini, harus dikembangkan pada setiap mahasiswa. Kemampuan berpikir kreatif sangat diperlukan agar kompetensi sumber daya manusia kita tidak kalah dengan bangsa lain.

Buku “Mari Menjadi Kreatif” ini disusun dalam rangka menambah bahan referensi bagi dosen dan mahasiswa untuk perkuliahan Strategi Pembelajaran di Program S1 maupun S2 pada perguruan tinggi atau fakultas keguruan atau kependidikan. Juga bisa dimanfaatkan oleh para guru untuk panduan dalam mengajar yang mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Buku ini merupakan perbaikan dari buku yang sudah pernah diterbitkan dengan judul “Strategi Belajar Berpikir Kreatif”. Oleh karena dirasa masih sangat terbatas informasi menyangkut keterampilan berpikir kreatif itu sendiri, maka diterbitkanlah buku tersebut, dengan judul yang sama sebagai edisi revisi.


Jumat, 14 Desember 2018

MENGUNJUNGI EROPA 4: KE BELANDA


Seperti mimpi, tiba-tiba kami sudah di Amsterdam. Bersama bu Sri Handajani, selepas konferensi sore tadi, kami langsung menumpang Uber menuju Vienna International Airport. Lantas pada sekitar pukul 20.30, kami menumpang pesawat easyJet menuju Amsterdam. Dua jam perjalanan kami tempuh nyaris dengan tidur pulas. Kelelahan setelah beraktifitas seharian, serta efek jetlag yang tak juga pergi, membuat kami benar-benar menikmati penerbangan ke Amsterdam dengan sangat nyaman. Saat tiba di Bandara Schipol, Amsterdam, sekitar pukul 22.30, kondisi kami sudah jauh lebih segar.
Rob Van Erven, sahabat keluarga kami, yang menjadi alasan saya mengunjungi Belanda, sudah menunggu di depan pintu keluar bandara. Senang luar biasa rasanya hati saya bertemu Rob. Rob adalah teman kerja Mas Ayik, suami saya, di PT. Jacob. Dia konsultan di perusahaan tersebut. Sekitar setahun yang lalu, kontrak kerja dia selesai. Selama bekerja di Surabaya, keluarga kami adalah keluarganya. Dia memanggil ‘Ibu’ pada ibu kami. Bersepeda, camping, travelling, selalu bersama kami. Dia juga menjadi guru anak-anak yang belajar di rumah kami setiap malam. Bahkan dalam kondisi hujan pun, dia datang untuk menemui anak-anak. Saat Arga dan Lita menikah, dia juga menunggui di Ponorogo mulai dari persiapan dan ijab qabul di masjid. Oh ya, ke mana-mana, selama di Surabaya, Rob selalu bersepeda. Sepeda yang digunakannya juga sepeda kami. Sering sekali tiba-tiba dia datang di rumah pada minggu pagi, dan menikmati makan pagi bersama kami. Pernah juga suatu ketika, saat keluarga besarnya dari Belanda datang ke Surabaya, mereka semua berkumpul di rumah kami untuk menikmati makan malam. Pendek kata, Rob sudah menjadi bagian dari keluarga kami.
Sehari sebelum saya berangkat ke Vienna, Rob tiba-tiba menyapa saya. “Hi Luth, how is everything with you and Baskoro?” Lantas kami berbincang, dan saya juga katakan bahwa saya akan ke Vienna untuk mengikuti konferensi. “It’s close to us. One hour fly.” Katanya. Lantas saya katakan kalau sebenarnya saya ingin ke Belanda tapi tidak tahu bagaimana caranya. “Ok, I will see what I can do.”
Dengan bantuan Rob, akhirnya kami memperoleh tiket pesawat dari Vienna ke Amsterdam dan sebaliknya. Dengan harga tiket sekitar enam juta rupiah atau 334€. Tapi Rob bilang, “you do not need  to pay the ticket, you are part of our family.” O o….seperti mendapatkan durian runtuh lagi rasanya. Saya memaksa untuk membayar tiket dan Rob tetap menolak. Allah memang Maha Pemurah. Mimpi mengunjungi Negeri Kincir Angin tiba-tiba terwujud. Gratis lagi.
Perjalanan dari Schipol Airport di Amsterdam menuju Tilburg, kota tempat tinggal Rob, memerlukan waktu sekitar satu jam. Rob menyetir, saya duduk di sebelahnya, dan Bu Yani duduk di jok belakang. Tidur pulas lagi. Saya yang sudah mulai sangat mengantuk lagi, harus bertahan untuk menemani Rob membelah malam yang dingin dan sepi. Kami membincang apa saja, tentang keluarga, anak-anak, dan juga meninggalnya ibu kami. Nampak sekali betapa Rob sangat merindukan Indonesia, makanannya, dan orang-orangnya. Dia ingin suatu ketika bisa kembali.
Kami diinapkan di rumah Mom Ans, ibunya Rob. Seorang wanita 77 tahun yang masih cantik, sehat, yang saat kami datang, beliau sedang duduk di depan televisi sendirian. Mom Ans tinggal sendiri di rumah yang sangat nyaman sanyaman villa itu. Rumah Rob tidak terlalu jauh dari rumah Mom Ans. Dengan sepenuh hati Mom Ans memeluk saya, seperti seorang ibu yang sudah lama tidak bertemu putrinya. Begitu juga dengan Bu Yani, dipeluknya dengan sepenuh hati, meski ini pertama kali bertemu. Mom Ans memang pernah berkunjung ke rumah keluarga kami, sehingga dia merasa sangat dekat dengan saya. Dia bertanya tentang Mas Ayik, Arga, Lita, Ibu. Dia menawari kami minuman hangat dan memastikan kami sudah makan malam. Saya sendiri mengeluarkan oleh-oleh yang saya bawa, salah satunya adalah lenan rumah tangga karya siswa SMKN 3 Magelang. Mom Ans dan Rob senang sekali dan merasa surprised dengan oleh-oleh itu. Kami juga membawakan Rob kering kentang dan kering tempe serta sambal pecel kesukaannya. Rob jatuh cinta pada makanan Indonesia, dan dia senang sekali kami membawakannya makanan Indonesia meski hanya sedikit.
Malam itu kami pulas sekali tidur di kamar yang nyaman, di lantai dua. Begitu pulasnya sehingga kami bangun kesiangan esok harinya, sekitar pukul 07.00. Terpaksa mengqadha shalat shubuh. Dari jendela kamar, kami bisa melihat meja makan di lantai bawah yang sudah dipenuhi dengan berbagai makanan untuk breakfast. Wow. Mom Ans psti bangun pagi sekali untuk menyiapkan semuanya. Dan menariknya, Mom Ans sudah memasang lenan oleh-oleh saya menghiasi meja makan yang besar itu.
Kami menikmati makan pagi dengan menu ala Belanda. Bersama Rob, Margot (isteri Rob), dua anak gadis Rob (Sam dan Pip), dan tentu saja, Mom Ans. Sejak awal saya sudah berpesan pada Rob untuk tidak menyediakan makan berbahan ayam dan daging. Saya memesan hidangan dari sayuran, telur dan ikan saja. Dan benar. Di antara gundukan roti, beberapa jenis ikan tersaji. Tapi jangan bayangkan ikan goreng atau bakar. Apa lagi pepes atau penyet. O tidak. Yang kami temukan adalah ikan-ikan yang berbentuk lembaran, penampilannya seperti ikan mentah, namun sebenarnya dia sudah diasap. Saya sering menemukan ikan semacam itu di hotel-hotel di Indonesia, biasanya disajikan di antara salad dan hidangan appetizer yang lain. Saya sama sekali belum pernah menyentuhnya. Tidak tertarik. Tapi saat ini, saya harus konsekuen. Demi menghormati Mom Ans dan keluarga Rob, saya mengambil lembaran ikan itu, meletakkannya di antara roti keras yang sudah saya belah bagian tengahnya, dan mengunyahnya dengan nikmat.
Hari ini agenda kami adalah mengunjungi Velondam. Volendam adalah sebuah kota di Belanda Utara, 20 kilometer di utara Amsterdam. Kadang-kadang disebut "the pearl of the Zuiderzee" atau “mutiara dari Zuiderzee". Tempat ini merupakan tujuan wisata yang sangat populer. Lokasinya yang agak terpencil dan karakter penghuninya telah memberi Volendam suasana yang sangat spesifik. Tempat ini dulunya adalah daerah kantung Roma-Katolik di wilayah yang sebagian besar beragama Protestan. Dialek yang diucapkan di Volendam sangat khusus dan sulit dipahami bagi penutur bahasa Belanda standar. Volendam merupakan desa nelayan, dan meskipun sejak penutupan Zuiderzee pada tahun 1932 industri perikanan tidak seperti biasanya, kawasan pelabuhan yang ramai dengan banyak perahunya masih menjadi daya tarik utama. Dari tahun 1880-an, Volendam adalah tempat yang populer bagi para seniman. Tidak hanya musik, tapi juga karya lukisan dan karya seni lainnya.
Kostum tradisional Volendam adalah salah satu contoh pakaian kuno terkenal (klederdracht) di Belanda. Hanya segelintir orang memakainya dalam kehidupan sehari-hari mereka saat ini, tetapi karena penduduk setempat telah menyadari nilainya untuk pariwisata, mereka terus melestarikannya. Volendam juga terkenal dengan penyanyi dan musisi. Ada adegan musik Belanda yang berbasis di Volendam, yang menghasilkan gaya musik yang dikenal sebagai musik populer, dan beberapa penyanyi Belanda yang paling populer berasal dari kota ini.
Kami menikmati pantai, melihat proses pembuatan sepatu kayu khas Belanda, menimati coklat ‘hand-made’, menikmati keju, dan tentu saja, budaya Belanda. Rob, Margot, dan Sam bersama kami. Udara dingin luar biasa dan kami semua bermantel tebal, lengkap dengan sarung tangan dan penutup kepala. Beberapa kali kami harus singgah ke café hanya sekadar untuk menghangatkan tubuh sambil minum coklat panas. Kami juga berfoto bersama dengan busana khas Belanda. Beberapa hidangan khas Belanda juga kami nikmati sambil mengusir dingin. Rob sekeluarga sepertinya ingin pengalaman hari ini menjadi sesuatu yang sangat berkesan bagi kami.
Namun hari begitu cepatnya berlalu. Tiba-tiba saja temaram sudah datang meski waktu masih menunjukkan sekitar pukul 16.00. Kami harus mengakhiri eksplorasi Velondam. Kami akan mencari restaurant halal food dalam perjalanan menuju Bandara Schipol. Saya dan Bu Yani akan kembali terbang ke Vienna dengan menumpang KLM pada pukul 20.30 nanti. Benar-benar seperti mimpi….
Esok pagi, kami harus sudah kembali ke Tanah Air. Membawa pulang pengalaman berharga. Membawa pulang harapan-harapan untuk pengembangan diri dan institusi. Untuk terus meningkatkan keilmuan dan networking. Semoga bisa terwujud dan memberi makna.
Belanda, 1 November 2018

Selasa, 04 Desember 2018

MENGUNJUNGI EROPA 3: EDUCATION 4.0

Tibalah hari ini, yang sesungguhnya menjadi alasan kami datang ke Vienna. Menjadi peserta sekaligus penyaji makalah pada konferensi internasional pendidikan. Acara konferensi digelar di University College for Agrarian and Environmental Pedagogy, alamatnya di Angermayergasse 1, 1130 Vienna, Austria. Sebenarnya tidak terlalu jauh dari apartemen kami. Tapi dengan kondisi udara yang minus 3 derajat Celcius, no way, kami lebih memilih naik uber. Hanya perlu ongkos 9€ dan kami aman dari terpaan cuaca dingin yang begitu ramah tapi membekukan.
Kegiatan ini merupakan kerja bareng antara Erasmus, ProfEsus, dan empat organisasi yang lain. Salah satunya adalah IFHE (International Federation of Home Economics). Kami berempat menjadi bagian dari IFHE ini, sebagai member. Peserta yang lain adalah para guru, kepala sekolah, dosen, peneliti, dan pengamat pendidikan, yang datang dari 23 negara. Keren. Kegiatan yang hanya diikuti tidak lebih dari 100 orang ini, mampu menyedot peserta dari 23 negara. Semuanya berkulit putih, kecuali kami berempat dan tiga teman kami dari Zambia. Tapi wajah-wajah Asia bertebaran, begitu juga wajah Timur Tengah dan India. Kehadiran kami semua ditandai dengan 23 bendera kecil yang berjajar di bagian depan ruang konferensi.
Konferensi dibuka oleh rektor, yang menyampaikan welcome speech-nya dalam Bahasa Jerman. Sebagian besar narasumber berbicara dalam Bahasa Jerman, dan sebagian besar dari kami para peserta menggunakan translater dengan pilihan Bahasa Inggris dan Jerman. Acara demi acara disusun dengan begitu apik dan efisien. Sejak kami datang, kami disambut oleh panitia yang membantu kami melepaskan mantel, memandu menandatangani daftar hadir, dan menunjukkan di mana ruang konferensi, di mana toilet, di mana ruang break. Ajaibnya, mereka yang kami kira panitia itu ternyata sekaligus menjadi orang-orang penting, termasuk para narasumber. Anne Fox, yang menjaga dan membagikan translater, bahkan pemilik perusahaan pelatihan dan konsultan pendidikan yang berkedudukan di Denmark.  Sini Temiseva, dari Laurea University of Applied Science, Finland, salah satu orang kunci “Laurea” yang menjadi salah satu supporter konferensi ini, adalah orang yang menjaga daftar hadir.  Anne Lauveberg, salah satu perwakilan penting dari IFHE, sibuk mengantarkan mikrofon pada para penanya, dan menggeser-geser flip-chart di depan. Luar biasa efisiennya mereka. Saya bayangkan orang-orang itu adalah dekan, ketua lembaga, direktur, kalau di Indonesia. Namun saya tidak bisa membayangkan orang-orang penting di Tanah Air itu akan mau melakukan pekerjaan-pekerjaan seperti mereka.
Hari pertama kami diskusi tentang “Education in the Anthropocene”. Kata kuncinya adalah “climate change cannot be negotiated - a new “green deal” for sustainable development”. Prof. Dr. Kai NIEBERT, Professor for Science and Sustainability Education, University Zürich, Switzerland, menyajikan topik tersebut dengan sangat menarik. Anthropocene sendiri dimaknai sebagai periode waktu di mana aktivitas manusia memiliki dampak lingkungan terhadap bumi yang dianggap sebagai usia geologis yang berbeda. Sebagian besar ilmuwan setuju bahwa tangan manusia telah mempengaruhi pemanasan iklim bumi sejak revolusi industri - beberapa bahkan berpendapat bahwa kita hidup dalam zaman geologi baru, dijuluki Anthropocene. Dampak kemanusiaan di bumi sekarang sangat besar. Tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) yang utama adalah menjadikan dunia yang lebih hijau, sehat dan lebih setara pada tahun 2030. Prof. Kai Niebert dalam presentasinya mengeksplorasi pertanyaan bagaimana pendidikan bisa menghadapi tantangan Anthropocene. Jawaban kritisnya adalah pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan serta peluang dan hasil penelitian di bidang didaktik.
Tidak kalah menariknya adalah topik tentang “Pedagogy for Sustainable Development”, dengan kata kunci “empowering learners for transformation processes in every-day life, in businesses and in social communities”. Penyajinya adalah Prof. David SELBY, founding director of sustainability frontiers and adjunct professor at Mountain Saint Vincent University, Halifax, Canada. Prof David Selby melihat 'sindrom multi-krisis' yang dihadapi dunia, sebelum mempertanyakan apakah pendidikan keberlanjutan saat ini menawarkan respon yang cukup transformatif (memberdayakan, transgresif dan restoratif). Dia akan terus mengusulkan kurikulum dan pedagogi tersebut untuk memperdalam dan memperluas apa yang kita pelajari, bagaimana kita belajar, dan apa yang kita lakukan dengan pembelajaran kita.
Ada 4 topik yang lain, satu diantaranya disampaikan oleh Prof. Johanna MICHENTHALER, dari University College for Agricultural and Environmental Education. Topik tersebut adalah “Elements of the international ProfESus course: Discovering a Sustainable Mindset - in future-thinking professionals“. Johanna mengungkapkan, “Pembelajarn dan penelitian saya berfokus pada nutrisi dan teknologi pangan, ilmu kesejahteraan keluarga, green pedagogy, subjek didaktik dan pengembangan sekolah. Sejak Oktober 2016 Johanna adalah ketua proyek Erasmus + internasional “ProfESus” dengan topik “Focus on Sustainability – Education for Professionals in Household and guest-oriented Businesses. Sebagai bagian dari Proyek Uni Eropa ProfESus, konsep pelatihan guru internasional telah dikembangkan dan diuji dalam 2 tahun terakhir. Kursus pembelajaran terpadu ini, yang dikembangkan sebagai praktik terbaik, contoh untuk "Transformative Sustainable Learning", disajikan secara rinci selama konferensi tersebut. Berkaitan dengan hal tersebut, pantaslah kalau peserta konferensi ini adalah dominan guru dan kepala sekolah.
Johanna sepertinya menjadi pemeran kunci pada konferensi ini, karena dia tampil hampir sepanjang waktu, termasuk menjadi moderator dan fasilitator dalam setiap diskusi. Mungkin karena dia adalah nyonya rumah, dan sekaligus sebagai Ketua ProFesus Project.
 Oh ya, satu topik lagi yang sangat menarik di hari pertama ini adalah “Learning, to design the future, The didactic concept of Green Pedagogy and the use in vocational education”. Topik ini disampaikan oleh Prof. Wilhelm LINDER, dari University College for Agricultural and Environmental Education. Konsep didaktik dari green pedagogy digunakan dalam pendidikan kejuruan untuk pembangunan berkelanjutan. Salah satu aspek kunci di masa depan akan menjadi cara berpikir inovatif. Tetapi kompetensi apa yang dibutuhkan dan bagaimana hal ini bisa dikembangkan? Green pedagogy mencari jawaban bagaimana mengembangkan dan mengevaluasi pembelajaran.  
Kami mengikuti konferensi selama dua hari, mulai dari pukul 09.00-17.00. Beberapa variasi interaksi digunakan dalam konferensi, seperti diskusi kelompok, brainstorming, dan focus group discussion. Hari terakhir, kami dibagi dalam grup-grup, dan grup tersebut mengelompok sesuai dengan bahasa yang digunakan. Tentu saja pilihannya hanya dua, Bahasa Inggris dan Bahasa Jerman. Setiap kelompok mendapatkan semacam worksheet yang dikemas dalam bentuk studi kasus dan pemecahan masalah. Setelah itu setiap wakil kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan peserta saling menanggapi. Benar-benar bernas dan mencerahkan.
Satu lagi yang menarik, tentu saja, konsumsinya. Bukan karena ragam makanannya, bukan, karena makanannya bagi saya tidak terlalu bervariasi. Juga bukan karena kelezatannya, karena bagi kami, makanan yang disajikan sama sekali jauh dari lezat menurut selera kami. Namun proses pengolahan dan penyajiannya yang dilakukan oleh siswa-siswa SMK. Para siswa itu mengenalkan makanan yang disajikannya di depan para peserta konferensi sebelum acara break. Guru mereka mendampingi, dan membantu meyakinkan pada peserta konferensi bahwa makanan yang disajikan adalah aman, dan tentu saja lezat. Saya teringat mahasiswa kami kalau lagi melaksanakan gelar karya boga. Seperti itu jugalah yang mereka lakukan. Mempromosikan makanan kreasi mereka sebelum dilakukan penilaian oleh juri dan dilihat serta dicicipi para pengunjung. Untuk hal ini, kita sepertinya jauh lebih keren deh.

Wien, 29 November 2018