Pages

Selasa, 20 Februari 2024

Ke Garut

Sabtu, 17 Februari 2024, saya ke Garut. Sudah lama ingin ke Garut dan tak kunjung kesampaian. Sabtu ini mumpung saya tidak di Surabaya, dan juga tidak ada kegiatan penting lain, maka saya putuskan untuk ke Garut.

Seperti biasa, Mang Atek, driver andalan, menjemput saya di apartemen, tepat pukul 07.00. Bersama Mas Sabar dan Mas Ardi, dua teman staf yang kebetulan juga sedang tidak ada acara.

Kami memasuki Garut sekitar pukul 11.30. Sesuai perkiraan, empat jam perjalanan dari Jakarta. Tapi karena tadi sempat mampir sarapan di rest area, waktu molor sekitar tiga puluh menit.

Kunjungan pertama kami adalah di rumah Mang Atek, di Desa Wanajaya, Kecamatan Wanaraja. Ya, saya sudah lama berjanji pada Mang Atek, suatu saat saya ingin bersilaturahim ke rumahnya di Garut. Inilah saat untuk membayar hutang janji itu.

Mang Atek mempunyai dua rumah. Satu rumah untuk rumah tinggal dan membuka warung kebutuhan sehari-hari. Satu rumah lagi, masih baru sekitar setahun ini, berlantai dua, ada di seberang jalan, persis di depan rumah lamanya. Rumah baru ini masih belum tuntas finishing-nya, tapi sudah ada tempat tidur dan perlengkapan makan. Kata Mang Atek, anak laki-lakinya, yang masih kelas dua SMP, yang lebih banyak tinggal di rumah ini.

Mang Atek memiliki empat anak. Juga sudah memiliki cucu dari anak pertamanya. Padahal usia Mang Atek dan isterinya masih 43 tahun. Mereka dulu menikah di usia 16 tahun, menikah muda. Makanya di usia yang masih muda, Mang Atek sudah memiliki cucu.

Selain bertemu dengan keluarga Mang Atek, kami juga bertemu dengan beberapa pendamping desa. Ngobrol di ruang tamu, lantas makan siang bersama. Menunya nasi liwet, masakan isteri Mang Atek. Nasi liwet ditanak di sebuah panci khusus, kata Mang Atek namanya kastrol. Ada ayam goreng, tahu dan tempe goreng, ikan asin, sambal dan lalap. Sedap sekali tentu saja, apa lagi perut pas lapar, dan cuaca sejuk sekali.

Setelah shalat jama’ qashar dhuhur dan ashar, kami melanjutkan perjalanan ke sebuah tempat yang namanya Talaga Bodas. Dari rumah Mang Atek, naik terus, dengan jalan yang cukup terjal, sekitar lima belas menit. Kami didampingi Ibu Lurah dan suaminya serta seorang perangkat desa.

Pemandangan di sepanjang jalan sungguh mengagumkan. Hutan, kebun, bukit, gunung, lembah, betapa indah. Ada banyak tanaman sayuran yang subur dan ranum. Juga tanaman jagung. Gunung yang berkabut tipis dan mendung yang menggantung. Indah yang begitu sempurna.

Dan Talaga Bodas itu, wow, menghampar di depan sana dengan warna putihnya yang berkilau-kilau. Aroma belerang langsung menyeruak memenuhi hidung. Sebuah telaga yang mungkin mirip kawah putih di Bandung, namun telaga ini masih sangat alami. Meskipun sudah dikomersilkan, namun kemurniannya masih sangat terjaga.

Kami tidak berlama-lama menikmati telaga, karena hari sudah beranjak sore. Tapi Bu Lurah sudah menyiapkan nasi liwet di sebuah warung makan di dekat telaga. Meskipun sebenarnya perut kami masih terasa kenyang, tapi kami lahap juga nasi liwet dan lauk pauknya. Ayam goreng, tahu dan tempe goreng, ikan asin goreng, sambal dan lalapan, dan jengkol goreng. Jengkol, sampai saat ini merupakan salah satu makanan yang saya belum bisa menikmatinya.

Kami berpisah dengan Bu Lurah di tempat tersebut setelah mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya karena telah menjamu kami. Beberapa bungkus kopi khas Garut dibawakannya untuk kami. Nama kopinya adalah Talagabodas.

Karena tidak ada jalan lain menuju tempat kunjungan selanjutnya, kecuali tetap melewati jalan yang sama, kami mampir lagi ke rumah Mang Atek, sekalian numpang ke toilet. Ternyata isteri Mang Atek sudah menyiapkan segepok oleh-oleh untuk kami. Kerupuk, keripik, pepes ikan, dan entah apa lagi.

Dari rumah Mang Atek, temaram sudah mulai turun. Kami bersilaturahim di dua rumah lagi. Jaraknya sekitar dua puluh menit dari rumah Mang Atek. Satunya rumah Mas Dendy, staf di sekretariat BPSDM. Satunya lagi di rumah Ibunda Pak Jajang Abdullah. Pak Jajang sebelumnya adalah sekretaris BPSDM, dan sekarang menjadi pejabat swadaya masyarakat ahli utama.

Sekali lagi, kami harus makan lagi, karena makan malam sudah disiapkan oleh orang tua Mas Dendy. Seperti tadi, meskipun perut kenyang, kami tetap makan tetapi hanya sedikit. Sudah benar-benar penuh rasanya perut ini.

Kami berniat kembali ke Jakarta malam ini juga. Memang sudah diniati tidak menginap, karena Minggu pagi kami sudah ada agenda lain.

Maka Mang Atek pun melajukan mobil yang membawa para penumpang yang terkantuk-kantuk karena kekenyangan. Sempat singgah di rest area untuk shalat maghrib-insya. Sekitar pukul 22.30, kami sudah tiba kembali di Jakarta.

Tubuh memang terasa agak lelah, namun betapa bahagianya bisa mengisi waktu dengan bersilaturahim. Memperbanyak silaturahim adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan oleh Nabi.

Manfaat silaturahim tak hanya untuk memperluas rezeki dan terhindar dari api neraka, namun juga untuk mendekatkan diri pada Sang Pencipta. Silaturahim merupakan tanda-tanda seseorang beriman kepada Allah SWT dan menjadi makhluk mulia di hadapan-Nya. Semoga.