Pages

Kamis, 22 Februari 2024

Danau Dendam Tak Sudah

Beberapa kali ke Bengkulu, baru kali ini saya sempat mengunjungi Danau Dendam Tak Sudah. Sungguh unik ya namanya? Dalam benak saya, nama ini pasti berkaitan dengan urusan cinta dan asmara. Namun ternyata, sebagaimana nama banyak tempat di Tanah Air tercinta ini, seringkali kisahnya ada beberapa versi. Untuk Danau Dendam Tak Sudah ini, urusan cinta dan asmara hanya salah satu versi. Versi yang lain konon ada hubungannya dengan masa penjajahan Belanda. Seperti apa kisahnya? Silakan googling sendiri ya, informasinya bejibun.

Saya dan teman-teman rombongan dari Kemendesa baru saja menyelesaikan tugas ke Dinas PMD Provinsi Bengkulu dan UT Bengkulu siang tadi, ketika tiba-tiba kami terpikir untuk memanfaatkan waktu mengunjungi Danau Dendam Tak Sudah. Sekadar mengisi waktu, sambil menunggu sore, sebelum kembali ke hotel. Penerbangan kami ke Jakarta masih besok.

Menurut catatan yang saya baca, Danau Dendam Tak Sudah terletak di Desa Dusun Besar, Kecamatan Singaran Pati, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu. Danau ini merupakan kawasan yang sudah berstatus sebagai cagar alam sejak 1936. Danau yang berada di wilayah seluas kurang lebih 577 hektar ini memiliki pemandangan yang cantik. Airnya bening berkilau, hijau, teduh, syahdu sekali. 

Bagian danau yang menjadi favorit pengunjung adalah daerah pinggir jalan besar. Di sana tersedia berbagai macam kuliner khas juga. Pengunjung menikmati danau ditemani dengan berbagai makanan khas, sekadar bersantai atau sambil menunggu sunset.

Namun kami menjangkau danau tidak yang berada di pinggir jalan besar tersebut, melainkan menempuh jalan lain yang ujungnya adalah tepian danau di sisi yang lain. Memang jalannya lumayan terjal dan mungkin tidak mudah dijangkau oleh beberapa jenis kendaraan roda empat, tapi kemurnian danau terasa sangat kental. Ada beberapa spot untuk berfoto di tepian danau yang menambah kemenarikan danau dan sekelilingnya.

Begitu luar biasa indah danau ini, alam ini, dan sungguh, betapa indahnya Sang Maha Indah yang sudah menciptakan keindahan ini.

Bengkulu, 22 Februari 2024

0 komentar

Posting Komentar

Silakan tulis tanggapan Anda di sini, dan terima kasih atas atensi Anda...