Pages

Sabtu, 25 Maret 2023

Hari Desa Asri Nusantara


Tanggal 19-20 Maret yang baru lalu, kami memperingati Hari Desa Asri Nusantara di Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar dan Wakil Presiden Kyai Ma'ruf Amin berkenan hadir. Kami semua pejabat eselon satu dan beberapa pejabat eselon dua di lingkungan Kemendesa PDTT juga hadir untuk ikut memeriahkan. PIC kegiatan ini adalah Ditjen Pembangunan Desa dan Perdesaan, sehingga Pak Dirjen Sugito Jaya Sentika adalah orang yang paling sibuk untuk mempersiapkan dan melaksanakan agenda besar tersebut.

 

Hari Desa Asri Nusantara ditetapkan oleh Kementerian Desa PDTT melalui Kepmendesa PDTT Nomor 110 Tahun 2022 tentang Hari Desa, untuk mengingatkan kita akan pentingnya desa yang Asri (Aman, Sehat, Rindang, dan Indah). Tujuan peringatan Hari Desa Asri Nusantara adalah untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap perubahan iklim. Selain itu juga untuk mewujudkan desa asri yang bersih, hijau, dan jauh dari pencemaran lingkungan. Juga untuk mengurangi risiko bencana di desa.

 

Acara seremonial Hari Desa Asri Nusantara dilaksanakan di Desa Makmur, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan. Wapres, Menteri Desa PDTT, Gunernur Riau, Bupati Pelalawan, dan Forkopimda, secara simbolis melakukan penanaman pohon. Penanaman pohon juga dilakukan secara serentak yang diikuti oleh seluruh desa di Indonesia. Pohon yang ditanam sebanyak 8.508.327 pohon di seluruh Indonesia. Hal tersebut sesuai dengan tema Peringatan Hari Desa Asri Nusantara, yaitu "Desa Menghijaukan Dunia".

 


Agenda lain dalam Peringatan Hari Desa Asri Nusantara adalah kunjungan ke PT APRIL (Asia Pacific Resources International Limited). Perusahaan ini merupakan salah satu penghasil pulp dan kertas yang terbesar, dengan teknologi terkini, dan konon terefisien di dunia. Produk yang dihasilkam antara lain kertas untuk mencetak dan menulis, tisu, tas belanja, kemasan makanan, majalah dan buku. Salah satu produk kertas yaitu PaperOne, dipasarkan dan dijual di lebih dari 70 negara di seluruh dunia. Bisnis dibangun berdasarkan kebijakan pengelolaan hutan berkelanjutan. Sebanyak sekitar 5.000 orang yang dipekerjakan secara langsung dan lebih dari 90.000 orang yang dipekerjakan secara tidak langsung, misalnya sebagai pemasok.

 

Sungguh beruntung kami bisa mengunjungi kawasan PT APRIL yang sangat mengagumkan. Kami bisa melihat lokasi dan bahkan kegiatan riset, pengembangan bibit secara massal di area pembibitan (nursery) hingga menghasilkan produk pulp dan kertas yang berkualitas dan berkelanjutan. Sebuah pengalaman yang sangat berharga dan berkesan.

 

Tidak kalah berkesannya adalah saat kami mengunjungi Desa Wisata Kuala Terusan dan kami menkmati makan siang di atas perahu (kucay) yang dikenal dengan tradisi "makan beranyut". Menu makan siangnya selain hidangan ikan, ayam, dan sebagainya, yang paling menonjol adalah udang galah yang besar-besar dan manis serta gurih, lezat sekali.

 



Sayang sekali di tengah-tengah kami menikmati hidangan dan sedang berada di atas sungai, hujan turun, dan tampiasnya membasahi punggung kami. Menikmati udang galah di tengah sungai, bersama Pak Menteri dan Ibu, Pak Dirjen Sugito dan Bu Dirjen Harlina, Bupati Pelalawan dan Ibu, serta teman-teman pendamping desa, dengan punggung basah, membuat Peringatan Hari Desa Asri Nusantara menjadi lebih berkesan.


 

Selamat Memperingati Hari Desa Asri Nusantara Tahun 2023. Mari kita jaga kelestarian alam.

0 komentar

Posting Komentar

Silakan tulis tanggapan Anda di sini, dan terima kasih atas atensi Anda...