Pages

Selasa, 16 Juni 2020

Haul Pakdhe di Boyolali


Kami bertiga, Mas Ayik Baskoro Adjie, saya, dan Cak Jum. Berangkat dari Surabaya pukul 14.30-an, masuk Boyolali pukul 18.00-an. Istirahat beberapa kali di rest area, masjid, dan Indomaret, total waktu sekitar 1 jam 15 menit. Surabaya-Boyolali kami tempuh dalam waktu tidak lebih dari 4 jam dengan kecepatan sekitar 100. Terasa begitu dekat.

Ya, karena kami hampir setiap tahun touring ke Solo dan Boyolali. Silaturahim ke tempat kelahiran ibu, sowan ke pakdhe budhe, paklik bulik, saudara dan kerabat. Perlu waktu sekitar 8 jam bahkan lebih.

Sekarang, hanya perlu waktu tidak lebih dari 4 jam. Menyenangkan sekali.

Haul Pakde Tamam, kakak ibu saya, meriah sekali malam ini. Tamu berdatangan dari berbagai tempat. Para kyai dan bu nyai, para santri dan mantan santri sejak Mbah Kakung kami, Kyai Shoimuri, juga memenuhi ruangan. Para keponakan dari Surabaya, Tuban, Rembang, Solo, Sragen, Yogya, berkumpul. Masyaallah, mereka semua hadir untuk membaca tahlil, manaqib, mendengarkan mauidhoh dari beberapa kyai, khususnya Kyai Yahya Cholil Staquf.

Karena kyai yang saya sebut terakhir ini adalah saudara sepupu kami semua, maka kami pun memasang pagar betis untuk mengevakuasinya. Mendudukkannya di tikar dan berfoto serta bersenda gurau sebelum akhirnya beberapa Banser menjemputnya dan membersilakannya duduk di panggung.

Dik Yahya, begitu kami memanggilnya, sangat humble. Dekat sekali dengan kami semua dan juga dengan siapa saja. Pernah menjadi juru bicara Presiden Gus Dur. Saat ini masih menjadi salah satu anggota Watimpres Jokowi. Beberapa waktu yang lalu sempat menjadi sangat fenomenal sekaligus kontroversial karena kunjungannya ke Israel.

Ceramahnya malam ini begitu bernas, lugas, lucu, mencerahkan.

Momen haul seperti ini bagi kami tidak hanya momen untuk memperingati 'pendak tahun' wafatnya pakde, mbah kakung, paklik, atau bapak kami. Namun juga sekaligus ajang silaturahim.

Semoga Allah SWT senantiasa menghimpun kami semua di dunia dan akhirat, bersama Rasulullah SWT dan semua pengikutnya.
Amiin YRA.

Boyolali, 16 Juni 2019

0 komentar

Posting Komentar

Silakan tulis tanggapan Anda di sini, dan terima kasih atas atensi Anda...