Pages

Minggu, 26 Agustus 2012

Reuni IKASMADA Tuban

Foto bersama sahabat lama.
Rabu, 22 Agustus 2012

Reuni dan halal bi halal Smada Tuban. Diawali dengan senam aerobik pada sekitar pukul 06.00. Lanjut jalan sehat. Selesai sekitar 08.00.

Reuni ini diikuti oleh  angkatan 1982-2012. Tiga puluh tahun. Angkatan tertua sampai angkatan termuda terwakili. Berkostum kaus berwarna ungu. Bergembira ria bersama. Ada panggung hiburan yang diisi acara bebas untuk setiap angkatan. Hampir semua angkatan menampilkan lagu-lagu. Dangdut, pop, campursari. Ada juga hiburan pantomim yang lucu dan asyik. Puluhan door prize ikut melengkapi kemeriahan acara.

Konsep acara dibuat cukup unik. Nyaris tidak ada acara ceremonial. Hanya ada panggung di tengah halaman SMA 2 yang cukup luas itu, yang dipayungi dengan tenda kecil. Tidak banyak kursi-kursi yang dipasang. Sebagai gantinya adalah tikar-tikar plastik, termasuk bekas spanduk, digelar di sudut-sudut taman. SMA 2 memang merupakan salah satu sekolah yang menerima penghargaan nasional sebagai sekolah adiwiyata tahun 2012, maka tidak heran kalau halaman sekolah dan lingkungannya penuh dengan taman-taman dan pepohonan yang rimbun. Di bawah rerimbunan pohon-pohon itulah para alumni duduk bergerombol, sesuai dengan angkatannya masing-masing. 

Di sekeliling halaman, sejak pintu masuk sampai di ujung halaman, terhampar meja-meja yang memamerkan berbagai produk dari setiap angkatan. Ada yang menampilkan makanan khas Tuban, batik Tuban, kerajinan,  es siwalan, es tebu, kaus dan berbagai busana yang lain. Di salah satu sudut aula juga dipamerkan berbagai karya fotografi dari alumni. Di sudut yang lain lagi, banner-banner yang memberikan informasi tentang berbagai kegiatan yang sudah dilakukan IKASMADA, terpasang rapi dan menarik.

Dua orang pembawa acara, cowok dan cewek, 'berkicau' sejak pagi untuk mencairkan suasana. Mereka masih muda, mungkin belum lulus SMA, tapi kelihatannya sudah sangat berepengalaman membawakan acara. Pembawaanya rileks, lucu, dan seperti tidak pernah kehabisan ide untuk membuat suasana senantiasa cair dan ramai.

Foto narsis deh. Hehehe...
Satu-satunya acara yang agak ceremonial adalah ketika mas Agus Maimun, ketua IKASMADA, alumnus 1992, memberikan sambutan. Itu pun dia meminta saya mendampingi dia. Mungkin karena saya sebagai anggota dewan penasehat di organisasi IKASMADA, atau karena saya dianggap pantas untuk mewakili angkatan tertua (angkatan 85, angkatan saya, adalah lulusan pertama SMADA), atau karena saya guru besar (kelihatannya gelar profesor ini merupakan daya tarik tersendiri, meskipun sebenarnya itu bukan sesuatu yang terlalu istimewa); atau karena ketiga-tiganya. Ketika memberi sambutan pun, mas Agus membawakannya dengan sangat santai, jauh dari kesan formal; dengan sesekali meminta saya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pembawa acara. Jadi sambutan itu lebih seperti talk show. Bagus, bagus sekali kemasannya.

Di antara berbagai macam acara itu, digelar juga kegiatan donor darah. Ratusan alumni bergantian menyediakan dirinya untuk diambil darahnya oleh para petugas PMI. Benar-benar acara yang komplit.

Saya sendiri sangat menyukai acara-acara reuni seperti ini. Bertemu dengan teman-teman lama yang sekarang sudah banyak yang berubah bentuk tubuh dan wajahnya. Ada yang dulu rambutnya tebal, sekarang jadi botak. Ada yang dulu posturnya kecil dan pendek, tahu-tahu sekarang jadi tinggi besar. Ada yang dulu putih bersih, cakep, menjadi idola banyak cewek, sekarang jadi hitam dan perutnya buncit. Ada yang dulu imut-imut, sekarang amit-amit karena 'bemper'nya berubah jadi besar (termasuk saya....hehe).


Lesehan bareng di halaman sekolah.
Menjelang acara usai, kami juga sempat mengunjungi teman seangkatan kami yang sakit. Namanya Sarno. Seorang tamtama ABRI yang sudah sekitar tiga tahun tidak bertugas karena stroke. Mengharukan sekali pertemuan kami dengan Sarno. Seorang teman kami, Kasuri, berpangkat kolonel (saat ini sedang promosi bintang satu), menjabatnya dan memompa semangat Sarno dengan gaya khas perwira. Sangat khas, sangat memotivasi. Mengharukan melihat Sarno yang hormat dengan tangan kirinya, dan direspon dengan sangat simpatik oleh Kasuri. Kami pulang setelah menyerahkan sejumlah dana yang diambil dari kas alumni angkatan 85, untuk membantu pengobatan Sarno. Kasuri juga memberikan beberapa lembar ratusan ribu rupiah, dan menggenggamkan uang itu ke tangan Sarno. 

Foto bareng teman lama.

Kami kembali ke SMA 2, karena beberapa mobil kami masih parkir di halamannya. Bertemu lagi dengan panitia yang sedang berkemas dibantu oleh teman-teman yang lain. Dua teman seangkatan kami yang menjadi tim sibuk, adalah Esa dan Suryadi, sedang mengemasi barang-barang.  Kami berfoto-foto lagi sebentar, dan berpisah dengan perasaan senang dan lega. Bahagia sekali bisa sejenak bersama-sama dengan teman-teman lama....

Wassalam,
LN

0 komentar

Posting Komentar

Silakan tulis tanggapan Anda di sini, dan terima kasih atas atensi Anda...