Pages

Kamis, 19 Januari 2023

Nawawarsa UU Desa (1)

Setiap tahun, Kementerian Desa PDTT memperingati hari kelahiran UU Desa yang jatuh pada tanggal 14 Januari. Lahirnya Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa merupakan momentum penting perubahan paradigma dan pendekatan baru dalam pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa.

 

Bila pada tahun sebelumnya peringatan UU Desa diselenggarakan di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat serta di Desa Cipta Gelar yang merupakan desa adat, maka tahun ini, peringatan UU Desa diselenggarakan di NTT, dengan mengambil tema desa perbatasan. Rangkaian kegiatan meliputi rapat kerja kementerian Desa PDTT, international conference on Sustainable Rural Development in Border Areas, dan pesta rakyat di Kabupaten Rote. Beberapa keynote speaker dari dalam dan luar negeri diundang pada international conference yang dilaksanakan secara luring dan daring, untuk mendiskusikan berbagai isu penting daerah perbatasan

 

Kegiatan rapat kerja kementerian desa PDTT dihadiri oleh Menteri Desa, Wamen, Sekjen, dan semua pejabat eselon 1 dan eselon 2.  Semua pejabat eselon 1 dan eselon 2 harus memaparkan hasil evaluasi program dan anggaran 2022, serta rencana program dan anggaran termasuk program unggulan tahun anggaran 2023. Raker dibuka oleh Menteri Desa PDTT, Dr. (Hc) Abdul Halim Iskandar, M.Pd. Pemandu raker adalah Sekjen Kemendesa PDTT, Taufiq Majid, S.Sos, M.Si. Menteri dan wakil menteri desa PDTT, Budi Arie Setiadi, serta semua peserta raker memberikan pendalaman setelah pemaparan setiap unit kerja.

 

Raker diselenggarakan di Ballroom Hotel Aston, Kupang. Hotel Aston sebenarnya biasa saja, namun view laut dan pantai adalah daya tarik yang eksotisnya tak terbantahkan. Meski di sana-sini masih ada hal yang mengganggu. Sampah yang bertebaran, tempat-tempat jualan yang kurang bersih. Namun itu semua terkalahkan dengan jejeran beragam ikan laut yang tersedia di pantai seberang hotel. Ikan-ikan yang segar dan siap disantap dengan berbagai olahan yang lezat.

 

Raker berjalan lancar. Kebetulan saya sebagai kepala BPSDM kebagian tampil pertama. Setelah saya, dilanjut dengan para pejabat eselon 2 di lingkungan BPSDM, dimulai dari sekretaris badan, kepala pusat pengembangan pemberdayaan masyarakat desa, kepala pusat pelatihan SDM, kepala pusat pelatihan pegawai ASN, dan kepala pusat Pembinaan Jabatan Fungsional. Diteruskan dengan pendalaman, yang secara bergantian disampaikan oleh staf ahli, para dirjen dan kepala badan, juga irjen dan kesekjenan. Terakhir adalah tanggapan dan arahan wakil menteri serta menteri.

 

Karena di Kementerian Desa PDTT ada 8 unit eselon 1 dan puluhan unit eselon 2, maka waktu raker selama dua hari terasa sangat padat. Raker dimulai pukul 08.00 dan berakhir pukul 22.00, waktu istirahat hanya untuk ishoma. Namun karena kami relatif fokus dalam mendengarkan setiap presentasi dan terlibat aktif dalam diskusi, waktu berjalan seperti begitu cepat. Untuk mensiasati kelelahan karena kebanyakan duduk, di saat-saat tertentu kami menyelinginya dengan berjalan sebentar, bergerak, menekuk-nekuk badan. Untuk sebagian bapak, sesekali keluar ruangan sebentar untuk merokok.

 

Pada kegiatan tersebut, kami semua pejabat eselon 1 juga harus menandatangani perjanjian kinerja dan pakta integritas bersama menteri, yang disaksikan oleh wamen.

 

Semoga Allah memberikan kemudahan dan kelancaran pada kami semua untuk berkhidmat. Semoga Allah meridhai.

 

Amiin.

0 komentar

Posting Komentar

Silakan tulis tanggapan Anda di sini, dan terima kasih atas atensi Anda...