Pages

Jumat, 08 Maret 2013

Wisuda ke-76 Unesa


Unesa pagi ini menyelenggarakan Wisuda Pascasarjana, Sarjana dan Diploma ke-76. Wisuda ini diikuti oleh 1515 wisudawan. Pada pagi hari dimulai pukul 08.00-11.30, sebanyak 754 wisudawan yang diwisuda. Selebihnya diwisuda pada siang hari.

Seperti biasa, ketika kami, rombongan prosesi yang tediri dari pimpinan universitas dan anggota senat, memasuki  Gedung Olah Raga (GOR) Kampus Unesa Lidah Wetan, suasana hening menyambut kami. Semua wisudawan, dengan toga mereka, terlihat begitu anggun dan gagah. Para orang tua dan keluarga, yang juga sedang berdiri menyambut kami, ada di balkon. Di bagian kanan depan balkon, adalah grup orkestra dan paduan suara, sedang memainkan musik penyambutan. Di ujung tengah balkon, adalah panggung tempat duduk prosesi, yang menjadi 'centerpiece'. 

Entah kenapa, saya selalu terharu di saat-saat seperti ini. Bahkan saat menyanyikkan lagu Indonesia Raya, yang diiringi musik orkestra yang sedemikian syahdu, mata saya sempat kabur karena basah. Di depan kami adalah ratusan wisudawan, dan orang tua serta keluaga mereka, memenuhi lebih dari tiga perempat bagian balkon. Saya sangat bisa merasakan kebahagiaan dan kebangaan di wajah-wajah cerah itu. Meski mungkin sebagian besar dari para orang tua itu dalam keadaan lelah karena telah menempuh jarak yang jauh dari tempat asal mereka, namun kelelahan itu tentu terbayar dengan apa yang dipersembahkan oleh para wisudawan. Lulus. Sebagai doktor, magister, sarjana atau ahli. Bahwa ada masalah lain yang membayang-bayangi setelah kelulusan ini, misalnya bagi para wisudawan yang masih belum bekerja, itu adalah urusan lain. Setidaknya, saat ini, satu urusan sudah selesai. Satu Tahap telah tuntas. Lulus.

Pidato Rektor, seperti biasa, sangat mencerahkan. Tentang pencapaian Unesa sampai detik ini. Keberhasilan dalam meraih hibah-hibah bergengsi, peningkatan peringkat Unesa sebagai perguruan tinggi yang mulai diperhitungkan, dan pencapaian jumlah pendaftar yang sangat membanggakan. Tembus ke angka 40 ribu. Melampaui target yang ditetapkan. Padahal kuota yang tersedia hanya 2400-an. Tentu saja kita yakin bahwa peningkatan jumlah input ini akan dibarengi dengan peningkatan mutu. Dengan meningkatnya mutu input, maka mutu proses dapat diharapkan meningkat, begitu juga mutu output dan outcome. 

Unesa memang sudah seharusnya semakin berkibar. Semoga semakin jaya.

Selamat untuk para wisudawan. Semoga jalan panjang ke depan terbentang luas dan semakin cerah. Selamat berjuang. Jangan lupa daftarkan diri Anda sebagai anggota alumni Unesa di www.ikaunesa.net.

Wassalam,
LN

0 komentar

Posting Komentar

Silakan tulis tanggapan Anda di sini, dan terima kasih atas atensi Anda...