Pages

Sabtu, 05 Oktober 2019

Mengepakkan Sayap ke Taiwan


Rabu, 2 Oktober 2019, Tim PPs Unesa berkunjung ke National Yunlin University of Science and Technology (Yuntech), Taiwan. Tim terdiri dari: Wakil Direktur 2, Prof. Dr. Suparji, M.Pd; Kaprodi S3 Pendidikan Vokasi, Prof. Dr. Luthfiyah Nurlaela, M.Pd; dan Tsuroya, SS., MA, staf International Office of Unesa. Dua lagi anggota tim adalah: Dr. Mutimmatul Faidah, M.Ag dan Drs. Bhiwara Pracihara Sakti, M.Sn. Yang pertama adalah dosen jurusan PKK-FT Unesa dan Ketua Pusat Kajian Gender Unesa, sedangkan yang kedua adalah mahasiswa S3 Pendidikan Vokasi angkatan 2018. 
Keduanya mengikuti konferensi internasional IEEE-ECICE 2019 yang diselenggarakan di National Formosa University, Yunlin, Taiwan, pada 3-6 Oktober 2019. Satu lagi dalam rombongan tim adalah Indarti, S.Pd., M.Sn, dosen Jurusan PKK, yang saat ini sebagai mahasiswa doktoral pada Program Creative Art di Yuntech, Taiwan. Dia sekaligus sebagai mediator antara Unesa dengan Yuntech dalam menjajagi dan merealisasikan kerja sama tersebut.

Pagi itu, tim Unesa diterima dan disambut hangat oleh staf International Office of Yuntech, yaitu Prof. Huang, Ya-Ling. Dilanjutkan dengan pertemuan di meeting room bersama Dekan dari College of Humanities and Applied Science; Ketua program Graduate School of Vocational and Technical; Direktur dari The Center of General Education; Dekan dari College of Design; dan beberapa pejabat yang lain.

Pembicaraan tentang rencana kerja sama berjalan sangat lancar dan menyenangkan. Pihak Yuntech menyambut sangat antusias kerja sama tersebut. Kebetulan antara Unesa dan Yuntech sudah memiliki MoU. Hal ini menjadi faktor pendukung penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA). Naskah MoA yang sudah dikirimkan oleh staf International Office of Unesa beberapa hari sebelumnya, bahkan sudah mereka persiapkan dalam keadaan siap ditandatangani. Jadilah hari itu, penandatanganan naskah dilakukan antara pihak Unesa (Direktur Program Pascasarjana Unesa dan Kaprodi S3 Pendidikan Vokasi serta Dekan College of Humanities and Applied Science (Prof. WU, Ming-Chang).

Realisasi MoA tersebut direncanakan pada awal tahun 2020. Kerja sama meliputi kegiatan visiting lecturer, joint publication, dan collaboratrive research. Kegiatan ini akan melibatkan pengelola dan dosen-dosen dari Program Studi S3 Pendidikan Vokasi serta pengelola dan dosen-dosen dari Graduate School of Vocational and Technical, Yuntech, Taiwan.

Satu langkah nyata telah ditempuh untuk membangun jejaring. Segera akan disusul langkah-langkah berikutnya untuk mengembangkan sayap Program Studi S3 Pendidikan Vokasi. LN

0 komentar

Posting Komentar

Silakan tulis tanggapan Anda di sini, dan terima kasih atas atensi Anda...