Pages

Rabu, 09 Oktober 2019

S3 Pendidikan Vokasi, Buka Tiga Kelas


Program Studi S3 Pendidikan Vokasi pada Tahun Akademik 2019/2020 ini buka tiga kelas. Satu kelas reguler, dan dua kelas kerja sama. Mahasiswa kelas kerja sama terdiri dari para dosen Politeknik Penerbangan dan Dosen UPN (Kelas B), serta para kepala sekolah SMK (Kelas C).

Kelas kerja sama dipayungi dengan adanya MoU antara pihak Poltekbang dan Provinsi Jawa Timur dengan Rektor Unesa. Dengan adanya kelas kerja sama, jadwal perkuliahan bisa diatur dengan lebih fleksibel, yaitu Jumat-Sabtu. Hal ini menyesuaikan dengan kondisi para mahasiswa yang notabene tidak bisa meninggalkan tugas sebagai dosen atau sebagai kepala sekolah.

Pembukaan kelas kerja sama sepertinya sudah menjadi kebutuhan yang cukup mendesak. Mahasiswa S3 adalah mereka yang sudah bekerja, baik di universitas maupun di sekolah. Mereka harus tetap melaksanakan tugas sehari-hari, dan oleh sebab itu, perkuliahan dengan jadwal yang tidak mengganggu waktu kerja mereka menjadi kebutuhan.

Salah satu tantangan bagi Program Studi S3, termasuk S3 Pendidikan Vokasi, adalah memperoleh mahasiswa yang bermutu. Oleh sebab itu, sosialisasi dan promosi perlu dilakukan kepada berbagai pihak yang potensial. Sasaran sosialisasi dan promosi yang dilakukan Prodi S3 Pendidikan Vokasi beberapa waktu ini meliputi: 1) IKIP PGRI Mataram dan Politeknik Mataram, 2) Guru-guru SMK pada saat kegiatan Lomba LKS di SMK 3 Sidoarjo, 3) Politeknik Negeri Banjarmasin, 4) Politeknik Penerbangan Surabaya, 5) Politeknik Malang, 6) Politeknik Pelayaran Surabaya, dan 7) Kepala sekolah dan guru SMK se-Provinsi Kalimantan Selatan di Samarinda. Dari berbagai sosialisasi dan promosi tersebut, berhasil dilakukan kerja sama dengan Politeknik Penerbangan Surabaya dan Kepala Sekolah dalam payun MGMP Otomotif Provinsi Jawa Timur.

Tantangan selanjutnya adalah bagaimana Prodi S3 Pendidikan Vokasi dapat memberikan layanan akademik maupun nonakademik pada semua stakeholder, khususnya mahasiswa. Kerja sama antara prodi dengan semua tim dosen pengajar serta dukungan dari pimpinan Program Pascasarjana mutlak diperlukan.  Apa lagi saat ini, Prodi S3 Pendidikan Vokasi sedang menyiapkan diri untuk akreditasi. Berbagai persiapan dan pembenahan terus dilakukan, tidak hanya demi kepentingan akreditasi, namun dalam rangka melakukan peningkatan dan perbaikan yang terus-menerus, agar mampu memberikan layanan yang optimal. LN

0 komentar

Posting Komentar

Silakan tulis tanggapan Anda di sini, dan terima kasih atas atensi Anda...