Pages

Rabu, 16 Oktober 2019

Visitasi Akreditasi Program Studi S3 Pendidikan Vokasi


Senin, 14 Oktober 2019, kegiatan visitasi untuk akreditasi Program studi S3 Pendidikan Vokasi, dimulai. Asesornya adalah Prof. Dr. Soesanto (universitas Negeri Semarang/Unnes) dan Dr. Zainur Rafiq (Universitas Negeri Yogyakarta/UNY).

Visitasi hari pertama itu dimulai dengan sesi dengan pengelola Program Pascasarjana (PPs). Direktur, Wakil Direktur 1 dan Wakil Direktur 2 bersama kedua asesor mencermati borang akreditasi pengelola. Kegiatan dilaksanakan mulai pukul 12.00-16.00 di Lantai 8.

Kegiatan hari kedua dimulai pukul 08.00. Pertemuan dengan pengelola, kaprodi, dosen, mitra, mahasiswa, dan tenaga kependidikan, mengawali kegiatan, sampai sekitar pukul 08.30. Pada kesempatan itu, tim asesor mengapresiasi kekompakan Prodi S3 Pendidikan Vokasi dan dukungan pengelola serta para dosen senior yang sangat luar biasa. Menurut asesor, baru kali ini melihat dukungan semua komponen yang begitu kompak untuk prodi yang ada di level pasca. Pengelola (3 orang), dosen (20 orang), tim task force (10 orang), mitra (3 orang), tenaga kependidikan (10 orang), mahasiswa (20 orang), memang memenuhi ruang sidang di lantai 2 tersebut. Terasa benar bahwa dukungan untuk keberadaan Prodi S3 Pendidikan Vokasi sangat tinggi.

Acara selanjutnya adalah presentasi borang oleh Ketua Program Studi S3 Pendidikan Vokasi, Prof. Dr. Luthfiyah Nurlaela, M.Pd, didampingi oleh tim task force. Presentasi dilaksanakan di lantai 8. Dalam ruang yang dipenuhi dengan berkas borang akreditasi, mulai dari standar 1-7, portofolio dosen, hasil karya dosen dan mahasiswa berupa buku, artikel hasil penelitian, sertifikat, robot, batik, yang dilengkapi dengan bukti paten dan hak cipta, mewarnai ruang presentasi. Presentasi dilaksanakan sampai pukul 12.30, dan diakhiri dengan makan siang.

Acara selanjutnya adalah diskusi paralel. Peserta diskusi yang meliputi dosen dan tenaga kependidikan berada di ruang tersendiri bersama Prof. Dr. Soesanto. Peserta dari mahasiswa dan mitra juga berada di ruang tersendiri bersama Dr. Zainur Rofiq.  Kegiatan diskusi paralel berlangsung sekitar satu jam.

Seusai kegiatan diskusi paralel, asesor membuat laporan hasil visitasi. Beliau berdua berdiskusi intens dalam waktu sekitar tiga puluh menit. Kemudian menyampaikan hasil diskusinya pada kaprodi dan tim task force untuk memperoleh tanggapan. Beberapa poin ditanggapi oleh kaprodi dan tim task force, dan direspon secara positif oleh tim asesor. Sampai pada akhirnya, tim asesor, kaprodi dan tim task force, bersepakat dengan deskripsi hasil visitasi.
Pada sekitar pukul 17.30, kegiatan break untuk shalat maghrib. Dilanjutkan dengan wrap-up dan penutupan kegiatan visitasi. Dalam penjelasannya, tim asesor mengakui keunggulan Prodi S3 Pendidikan Vokasi dengan mengatakan bahwa, prodi ini memiliki armada yang sangat kuat. 
Sebanyak 20 dosen, 12 di antaranya adalah guru besar yang memberi dukungan penuh pada keberadaan dan kinerja prodi. Dana operasional mahasiswa (DOM) sangat tinggi, bahkan di atas rata-rata kelaziman, karena support dari dana penelitian dan pengabdian masyarakat dosen yang tinggi. Satu hal yang perlu perhatian khusus adalah, visi dan misi prodi supaya lebih memiliki kekhasan. Agar keunggulan prodi S3 Pendidikan Vokasi berbeda dengan prodi sejenis yang lain di perguruan tinggi lain. Satu tantangan yang perlu segera direspon.

Prodi S3 Pendidikan Vokasi berdiri pada 2016. Jumlah mahasiswa sampai saat ini adalah 37 orang. Terdiri dari angkatan 2016: 6 mahasiswa; angkatan 2017: 4 mahasiswa; angkatan 2018: 5 mahasiswa; dan angkatan 2019: 22 mahasiswa. Kerja sama yang saat ini sudah secara riil sudah dilakukan oleh Prodi S3 Pendidikan Vokasi adalah dengan Politeknik Penerbangan Surabaya, MGMP Otomotif Provinsi Jawa Timur, dan dengan National Yunlin University of Science and Technology (Yuntech), Taiwan. Untuk kerjasama dengan Yuntech, Taiwan, adalah dalam bentuk academic mobility, meliputi visiting lecturer, joint publication, dan collaborative reasearch, yang akan segera dilaksanakan pada awal 2020. LN

0 komentar

Posting Komentar

Silakan tulis tanggapan Anda di sini, dan terima kasih atas atensi Anda...