Pages

Jumat, 24 Desember 2021

Lahan untuk Balai Bengkulu


BPSDM Kemendes PDTT, selain membawahi 1 sekretariat, 4 pusat, dan sekitar 35 ribu pendamping desa, juga membawahi 9 balai pelatihan dan pemberdayaan masyarakat desa DTT. Balai Bengkulu merupakan salah satunya. Balai yang lain ada di Jakarta, Yogyakarta, Denpasar, Banjarmasin, Makassar, Ambon, Pekanbaru,  dan Jayapura.

 

Balai Bengkulu berlokasi di Kabupaten Bengkulu Utara, tepatnya di Kota Padangjaya, sekitar dua jam dari Kota Bengkulu. Memiliki lahan seluas 241, 8 ha. Luas sekali. Beberapa waktu yang lalu, saya sempat mengunjunginya, dan harus menumpang mobil atau motor saat berkeliling, saking luasnya.

 

Hari ini kami berkunjung lagi ke Bengkulu. Menghadap Bapak Gubernur yang baik hati dan santun. Menyampaikan permohonan supaya beliau berkenan menghibahkan satu lahannya yang tidak termanfaatkan untuk kami gunakan sebagai Kantor Balai Bengkulu. Lahan yang di Padangjaya akan kami manfaatkan untuk model pemberdayaan masyarakat dan geopark. Jarak tempuh yang cukup jauh dari Kota Bengkulu ke Padangjaya menjadi sedikit kendala dalam pelaksanaan program dan kegiatan. Salah satunya karena Balai Bengkulu memiliki wilayah tanggung jawab meliputi Provinsi Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, dan Bangka Belitung. Sementara tugas balai adalah melaksanakan penyuluhan, pelatihan, dan pendampingan masyarakat desa, daerah tertinggal, dan transmigrasi.

 

Alhamdulilah, pembicaraan dengan Gubernur yang juga akademisi itu lancar. Hasilnya, ada empat alternatif lahan yang kami bisa pilih salah satunya. Siang ini kami mengunjungi dua lokasi saja, karena di lokasi ini sudah ada bangunannya, meskipun sebagian besar sudah rusak karena tak terawat. Satu lokasi adalah eks balatrans, dan lokasi kedua merupakan eks transito. Saya lebih cenderung memilih lokasi kedua, lingkungannya lebih nyaman, tenang, bersih, di dekat Kampus Universitas Bengkulu, serta ada pohon kelapa dan pohon sukun. Sepertinya kok nyaman membayangkan menikmati sukun rebus dengan es kelapa muda.

 

Oya, kami sempat berfoto-foto juga di samping gambar Ibu Fatmawati, isteri Presiden RI  pertama, Soekarno, di ruang tamu Bapak Gubernur. Ibu Fatmawati memang dilahirkan di Bengkulu, pantaslah kalau fotonya dipajang di Kantor Gubernur. Pantas juga kalau nama bandara di Bengkulu adalah Bandar Udara Fatmawati Soekarno.

 

Kuliner Bengkulu yang lezat juga sempat kami nikmati. Sejak kemarin sore, ikan dan segala macam seafood yang menggiurkan bergantian menyapa lidah kami. Juga durian dan kelapa muda.

 

Tapi untuk kali ini, tidak saya tayangkan gambar-gambarnya. Ini kunjungan saya yang ketiga ke Bengkulu. Gambar kuliner Bengkulu sudah pernah saya tayangkan pada kunjungan kedua beberapa waktu yang lalu. Sama dan sejenis. Makanya tidak saya tayangkan, supaya tidak terjadi autoplagiat....hehe.

 

Oya, Bengkulu juga terkenal dengan bunga Rafflesia arnoldi, bunga bangkai, bunga cantik yang baunya menyerupai bangkai itu. Itu karena di sinilah bunga bangkai ditemukan pertama kali.

 

Batik Bengkulu hampir selalu bermotif bunga bangkai. Juga kaligrafi. Kalau yang ini konon berkaitan dengan tradisi memperingati kisah kepahlawanan dan gugurnya Hasan-Husein, cucu Rasulullah, dalam peristiwa Padang Karbala. Mau tahu detilnya? Coba klik festival tabot. Yuk, yuk.

Indonesia memang kaya!

 

Bengkulu, 24 December 2021

 

#IndonesiaKaya

0 komentar

Posting Komentar

Silakan tulis tanggapan Anda di sini, dan terima kasih atas atensi Anda...