Pages

Minggu, 21 November 2021

Dari Jambi ke Surabaya


Akhir pekan yang padat. Kamis- Jumat, saya ada di Jambi, menutup kegiatan peningkatan kapasitas tenaga pendamping profesional  (TPP), serta pengambilan video promosi SDGs Desa. Pengambilan video berlokasi di Desa Mekar Jaya, dengan ikon SDGs Desa goal 5, yaitu Desa Sehat dan Sejahtera.

Sementara Pelatihan TPP melibatkan 3 kabupaten di Provinsi Jambi, dan merupakan kegiatan yang saat ini tengah berlangsung di seratus kabupaten. Kegiatan ini didukung oleh Program P3PD dari World Bank.

 

Di Jambi, saya dan staf, mas Mokhamad Sodikin , Mbak Domi, dan Pak Yanto, koordinator TPP Provinsi Jambi Mas Edi dan beberapa TPP kabupaten serta kecamatan dan desa, menyempatkan diri mengunjungi Candi Muaro Jambi. Kami berangkat selepas shubuh, karena kami hanya punya waktu beberapa jam sebelum penerbangan. Lokasi candi yang menyebar membutuhkan waktu yang lumayan lama kalau berjalan kaki. Pengelola wisata candi menyediakan becak dan sepeda. Kami mengambil 3 becak, namun kami semua naik sepeda. Pada awalnya, semua bersepeda. Di tengah perjalanan, beberapa teman tidak sanggup melanjutkan perjalanan yang sebenarnya sangat pendek dan mengasyikkan itu. Mereka memilih dievakuasi dengan becak, sak sepeda-sepedane. Baru tahu saya, ternyata mereka yang tidak terbiasa bersepeda memang tidak memiliki daya juang sebagaimana pesepeda. Hahah. Kami juga menikmati kampung dengan rumah-rumah panggungnya di sepanjang Sungai Batanghari yang indah.

 

Oya, malam sebelumnya, setelah acara penutupan kegiatan, kami sempat menikmati Jambi di malam hari, di pinggiran Sungai Batanghari. Jagung bakar dan kelapa muda melengkapi malam kami. Juga hiburan live music dari beberapa pengamen yang superrr. Hehe. Entah super apanya.

 

Oya, ikan kuah durian, saya lupa namanya, dan pindang ikan, juga sempat kami nikmati. Juga oleh-oleh khas Jambi, yaitu mpek-mpek.

 

Hari Sabtu pagi, saya dan Mas Ayik Baskoro Adjie menghadiri resepsi pernikahan di Juanda, Sidoarjo. Yang mengundang adalah Bapak Heri Sudarmaji. Beliau adalah mahasiswa bimbingan saya di S3 Pendidikan Vokasi yang baru saja lulus. Jadi gelar doktornya masih anget. Beliau pejabat di Kementerian Perhubungan, sebagai Kepala Pusat PSDM.

 

Sorenya, ada khataman dan pengajian di rumah, dalam rangka acara empat bulan kehamilan kedua anak wedhok tersayang Yoan Lita dan Barrock Argashabri Adji . Yang khataman adalah Tim Rumah Kita Foundation, Fifi K. Fitriyah  yang berbagi juz dengan sepuluh anggota tim yang lain. Yang pengajian adalah sekitar lima puluh ibu kelompok jamaah yasin dan tahlil di rt kami. Mereka membaca surat Maryam, surat Yusuf, dan dhiba. Selain mereka, keluarga besar besan, ibu Yuliana Fatimah dan Mbak Sari LiesTyowati , hadir juga. Adik-adik kami juga hadir, termasuk Dimas Prono Adjie dan Rika Adjie dan anak-anaknya yang rame. Lepas isya, tamu baru benar-benar pulang semua, dan rumah kembali relatif normal menjelang tengah malam.

 

Senangnya semua bisa berjalan lancar dan mudah. Semoga berkah.

 

Surabaya, 22 Desember 2021

(Menunggu penerbangan ke Labuan Bajo)

0 komentar

Posting Komentar

Silakan tulis tanggapan Anda di sini, dan terima kasih atas atensi Anda...