Pages

SM-3T: Kerinduan

"Seorang peserta SM-3T Unesa langsung menghambur ke pelukan saya, saat kunjungan monitoring ke lokasi di wilayah Sumba Timur.

SM-3T: Kebersamaan

"Saya (Luthfiyah) bersama Rektor Unesa (Muchlas Samani) foto bareng peserta SM-3T di Sumba Timur, salah satu daerah terluar dan tertinggal.

Keluarga: Prosesi Pemakaman di Tana Toraja

"Tempat diadakannya pesta itu di sebuah kompleks keluarga suku Toraja, yang berada di sebuah tanah lapang. Di seputar tanah lapang itu didirikan rumah-rumah panggung khas Toraja semi permanen, tempat di mana keluarga besar dan para tamu berkunjung..

SM-3T: Panorama Alam

"Sekelompok kuda Sumbawa menikmati kehangatan dan kesegaran pantai. Sungguh panorama alam yang sangat elok. (by: rukin firda)"

Bersama Keluarga

"Foto bersama Mas Ayik dan Arga saat berwisata ke Tana Toraja."

Minggu, 23 Maret 2014

Ke Pamekasan, Membayar Hutang

Adik ibu saya, Bulik Karimah, meninggal dunia tanggal 29 Januari 2014 yang lalu, pada usia 75 tahun. Beliau berdomisi di Pamekasan, tepatnya di Desa Plakpak, Kecamatan Pegantenan. Suaminya, Kyai Bakir, sudah berpulang beberapa puluh tahun yang lalu, waktu saya masih kecil.
  
Bulik Karimah selama ini tinggal bersama anak perempuannya sekeluarga, namanya Dik Khoiriyah. Suami Dik Khoiriyah, Dik Ghofur, adalah pengasuh Pondok Pesantren Al-Mujtama'. Sebuah pesantren yang mengelola sekitar 1500 santri laki-laki dan perempuan, mulai dari santri kecil sampai santri mahasiswa.
  
Ibu tiba dari Tuban ke rumah kami kemarin sore, diantar mas Ipung sekeluarga. Mas Ipung adalah kakak saya. Dia dan anak istri, serta dua anak saudara kami yang lain, berniat menikmati akhir pekan di Surabaya, sekalian mengantar ibu.

Para keponakan saya itu memang sudah lama ingin berkunjung ke Surabaya. Kebetulan di dekat rumah kami ada taman baru, namanya Taman Jangkar (Jambangan Karah). Lumayan menarik untuk tempat bermain anak-anak. Juga dekat dengan Masjid Al-Akbar, yang bila hari Sabtu dan Minggu, ramainya luar biasa. Banyak hiburan, banyak orang jualan, banyak tontonan. Juga dekat dengan Royal Plaza, yang bisa membuat betah siapa pun yang ingin melemaskan kaki, dengan belanja atau sekedar window shopping. 

Jadi pagi ini, kami hanya berangkat berempat. Saya sekeluarga dan ibu. Mas Ipung sekeluarga mau jalan-jalan sendiri, karena kebetulan dia sudah takziyah ke Pamekasan saat hari H bulik kami berpulang waktu itu. Saya sekeluarga yang belum sempat takziyah.  

Kami berangkat pukul 08.48, setelah membereskan rumah. Setelah semua sarapan dan dapur serta rumah kembali rapi. Arga pegang kemudi, mas Ayik di sebelahnya, sementara saya dan ibu duduk di belakang.

Yang namanya Arga, doyan ngomongnya luar biasa. Ada saja topiknya. Mulai dari musik, fotografi, mobil, burung, sepeda, apa saja. Karena bapaknya juga sama doyan ngomongnya, jadilah mobil kami ramainya seperti ruang diskusi. Saya dan ibu hanya sekali-sekali saja berkomentar.

Persis saat adzan dhuhur, kami tiba di Masjid Syuhada di alun-alun Pamekasan. Kami salat di masjid tersebut. Masjid berlantai tiga yang megah dan bersih, namun sepi. Di mana-mana, saya sering menemui kondisi seperti ini, masjid yang megah tapi sepi. Ramainya hanya sesaat, yaitu waktu salat lima waktu. Atau pada saat salat Jumat dan tarawih.

Kami tiba di Ponpes Al Mujtama' pada sekitar pukul 13.00. Disambut dengan hangat oleh Dik Khoiriyah sekeluarga. Saudara misan saya yang dipanggil bu Nyai Khoir ini usianya sepantaran saya. Anaknya empat, yang pertama sudah sarjana. Meski jarang bertemu, kami sangat akrab, dan peluk cium penuh kerinduan mewarnai pertemuan kami.

Siang ini, kami menghabiskan waktu mengobrol di teras rumah yang sejuk karena semilir angin, ditemani kue-kue ringan. Saya selalu menyukai suasana seperti ini. Bertemu kerabat, bercerita banyak hal, berkangen-kangenan, seperti nge-charge jiwa dan raga. 

Kami sempat beristirahat sejenak di kamar besar di rumah induk yang megah. Hanya sebentar, tidak lebih dari satu jam. Lantas kami berempat, diantar Azizah, putri sulung Dik Khoir, berziarah ke makam Bulik Karimah. Makam itu letaknya dekat saja, dalam kompleks ponpes. 

Di bawah gerimis yang hangat (karena matahari bersinar terang), kami berjalan menuju makam. Di makam yang masih baru itu, baru Bulik Karimah satu-satunya yang disemayamkan di situ. Semasa hidupnya, beliau memang sudah berpesan, di mana pun beliau meninggal, di makam itulah beliau ingin dikuburkan. Beliau memilih tempat itu karena tempat itu ada di lingkungan ponpes. Pilihan beliau tidak salah, nyatanya,  hampir setiap hari beliau ditahlilkan oleh para santri.

Kami berpamit saat sore mulai jatuh. Arga kembali pegang kemudi, tapi saat ini dia mengajukan syarat. Berhenti sejenak di pantai Camplong untuk berburu matahari terbenam.

"Kasihan Mbah Uti, Ga...nanti kemalaman," kata saya.
"Nggak kok, bu, sebentar saja. Tiga puluh menit."
"Hah, tiga puluh menit? Ya sudah, tidak apa-apa." Tukas saya. "Mboten menopo nggih, mbah uti?" Tanya saya pada ibu. 
Ibu menggeleng sambil tersenyum. "Ora popo." Beliau justeru ikut turun untuk bersama-sama menikmati pantai. 
"Ya, waktunya nuruti karepe bocah...tadi kan bocahe wis nuruti karepe orang tua.." Kata saya.

Kami melanjutkan perjalanan lagi setelah puas menikmati Pantai Camplong sambil menunggu senja. Sempat singgah di sebuah masjid di Sampang, untuk menunaikan salat maghrib.

Perasaan saya begitu lega. Sebenarnya, kami sudah lama sekali ingin berkunjung ke Pamekasan, sejak Bulik Karimah berpulang Januari yang lalu. Namun karena kesibukan, keinginan itu tidak kunjung terwujud. Alhamdulilah, hari ini Allah memberikan izin-Nya. Seperti lepas dari beban hutang saja perasaan saya saking leganya....

Tana Mera, Bangkalan, 23 Maret 2014. 18.48 WIB.


Wassalam,
LN
(OTW Surabaya) 

Minggu, 16 Maret 2014

Ngoweh Berjamaah

"Waktunya silaturahim dan wisata kuliner. Menikmati quality time bersama keluarga."

Pagi ini, kami sekeluarga meluncur ke Tuban. Kami bertiga, saya, mas Ayik, dan Arga. Sudah lama, mungkin sebulan lebih, kami tidak mudik. Sowan ibu dan mbah uti. Bersilaturahim sama mas-mas dan mbak-mbak, adik-adik, keponakan dan saudara misan. Senengnya....

Kami berangkat dari rumah jam 07.30. Hanya minum teh dan makan roti (saja). Niatnya memang mau melaparkan perut dulu. Merencanakan wisata kuliner setibanya di kota Tuban nanti.

Perjalanan kami relatif lancar. Biasalah, kalau bertemu dengan truk-truk besar dan bus umum. Juga mobil-mobil pribadi dan sepeda motor. Namanya juga jalan raya. Bukan jalannya nenek moyang.  Kalau mau lengang, ya bikin jalan sendiri.... 

Sepanjang perjalanan, ibu beberapa kali telepon. Memantau. Biasalah, namanya juga orang tua. Apa lagi kalau sudah sebulan lebih tidak ketemu sama anak perempuannya yang paling manis dan cucunya yang paling ngganteng serta anak menantunya yang paling hitam....hehe (hitam tapi manis poll, dan yang penting....baik hati, tidak sombong dan suka menabung).

Masuk kota Tuban pukul 10.03. Langsung menuju Belut Jangkar. Lokasinya di desa Tegalagung, Pronggahan. Dari sebelah barat Pasar Baru, ke arah selatan. Terusss ke selatan. Ketemu Pasar Klampok, belok kanan. Itu sudah.... Tanya saja di mana Belut Jangkar. Semua orang tahu. Karena ternyata yang punya adalah Riyani Jangkaru....(Haha, kalau ini suwerr...hanya bercanda).

Belut jangkar ini terkenal puwedes dan suwedep. Bagi Anda yang bukan penyuka makanan pedas, boleh coba. Dijamin Anda akan lupa kalau Anda tidak suka pedas. Pedasnya belut jangkar ini ngangeni. Sekali coba pasti ketagihan. Atau kalau tidak.... perut Anda pasti mulas, lantas tergopoh-gopoh pergi ke belakang....(Maksudnya ke kamar kecil...kamar yang keciiiillll sekali....). 

Belut itu sebenarnya hanya belut goreng saja. Digoreng nyel, tentu saja setelah dipotong-potong sekitar 2-3 centi-an. Setelah digoreng, dibumbu. Bumbu itu lho yang maut. Mirip bumbu rujak, tapi cita rasa rempahnya sangat kuat, dan pedasnya super duper mantap. Wehhh....siapa pun yang makan di situ, coba perhatikan, nggak ada yang nggak gobyos dan ngoweh-ngoweh. Terbayang kan? Puluhan orang yang gobyos dan ngoweh-ngoweh bareng? Suweru....

Seperti itulah yang terjadi pada kami bertiga. Arga terutama. Anak gendut itu seperti balas dendam saja. Seperti sudah ratusan tahun tidak makan. Lahapnya bukan kepalang. Dua porsi belut, dua porsi nasi jagung, dan dua porsi nasi putih, ludes dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Meskipun mulutnya ngoweh-ngoweh dan mukanya basah kuyup. Dasar anak kost.....

Sebelum pulang, kami pesan 15 bungkus belut dan 15 bungkus nasi jagung. Untuk ibu dan para keponakan. Saya ingin melihat pemandangan yang saya tunggu-tunggu. Mbah Uti dan para anak mantu serta para cucu ngoweh berjamaah...huwah.....huwah....huwah....heboh kan? Hehe...


Tuban, 16 Maret 2014

Wassalam,
LN

Sabtu, 15 Maret 2014

Gurunnya Manusia

Beberapa hari yang lalu (12 Maret 2014), saya ditugasi pak Rektor untuk menjadi pembahas pada acara bedah buku best seller "Gurunya Manusia". Acara itu diselenggarakan oleh Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, dan tempat acaranya di lantai dua kantor itu juga. 

Penulis "Gurunya Manusia" adalah Munif Chatib, seorang pemerhati dan praktisi pendidikan. Buku sebelumnya, "Sekolahnya Manusia" (2009), juga menjadi best seller dan sudah berkali-kali dicetak ulang serta lebih dari 40 kali dibedah di seluruh Indonesia, mulai dari Aceh sampai Papua.

Munif Chatib sendiri adalah lulusan S1 Hukum Universitas Brawijaya. Setahun sempat menjadi lawyer, namun kemudian menyadari, hatinya tidak berada di tempat itu. Dia pun menyeberang menjadi guru. Kecintaannya pada profesi guru mendorongnya untuk mengambil program Magister Pendidikan PAUD di UNJ, serta mengambil diploma di Supercamp-nya Bobbie DePorter di USA. DePorter sendiri adalah pakar pendidikan yang melambungkan quantum teaching dan menjadi salah satu sumber ide munculnya accelerated learning. Munif, selain beruntung karena bisa belajar pada Bobbie DePorter secara langsung, dia juga sempat belajar langsung pada Howard Gardner, siapa lagi kalau bukan tokoh multiple intelligence (MI).

Saya juga sangat beruntung bertemu dengan pria yang berdomisili di Sidoarjo ini. Wajah Timur Tengahnya yang terkesan dingin ternyata begitu hangat bersahabat saat menyampaikan topik tentang bagaimana menjadi guru yang berhasil membawa setiap siswa menjadi juara. Dia tidak hanya berteori, namun juga memberikan contoh-contoh nyata di kelas dengan melibatkan semua peserta. Dia juga menayangkan video tentang bagaimana setiap anak sejatinya adalah seorang bintang sekali pun dia anak autis, down syndrom, tuna daksa, bahkan cerebral palsi. Video-video yang ditayangkannya sungguh berhasil mengaduk-aduk perasaan dan tidak sedikit peserta yang lantas dibuatnya menangis karena terharu. Pesan dari semua tayangan video yang dia sajikan adalah, setiap anak itu istimewa. Anak berkebutuhan khusus hanya memiliki satu klastes di otaknya yang rusak, namun jutaan klaster yang lain baik-baik saja. Masuklah melalui klaster yang baik itu, dan temukan bintang di sana.  

Munif tidak hanya penulis yang andal, namun juga penyaji yang memukau. Dia menyajikan analogi pendidikan yang seragam itu ibarat burung yang dipaksa berenang atau kelinci yang dipaksa untuk terbang. Itulah pada umumnya pendidikan kita. Memaksakan kurikulum yang tidak selalu sesuai dengan bakat dan minat anak. Mereka dianggap robot yang bisa diprogram.
  
Menurut Munif, untuk berubah menjadi guru yang hebat, setiap guru harus merubah paradigma/pola pikirnya. Tentu saja hal itu sangat sulit. Tapi dengan terus mencoba, berlatih, memegang komitmen, guru itu akan berhasil. 

Munif meminta semua peserta yang terdiri dari guru-guru itu menuliskan nama dan membubuhkan tanda tangan mereka dengan cepat di atas selembar kertas. Semua dilakukan dengan tangan kanan. Kemudian Munif meminta guru mengulang apa yang mereka lakukan itu, namun dengan menggunakan tangan kiri. Tentu saja semua merasa kesulitan. "Tapi bagaimana kalau itu dilatih? Setiap hari bapak ibu menulis dengan tangan kiri? Kira-kira selama lima enam bulan ke depan, akankah itu berhasil? Bapak ibu terampil menulis dengan tangan kiri?"
Semua guru menjawab ya.
"Itu artinya, semua butuh pembiasaan. Merubah pola pikir itu juga harus dibiasakan. Sulit memang, tapi dengan terus mencoba dan berlatih dengan penuh kesungguhan, kita semua akan berhasil."

Ada lima bingkisan yang harus dibuka oleh guru. Bingkisan pertama adalah memandang setiap anak yang dilahirkan itu juara. Guru harus merobohkan penghalang-penghalang yang dibuat sendiri, seperti anak itu bodoh, nakal, menjengkelkan, dan lain sebagainya. Munif menayangkan kisah Lena Maria, seorang perempuan tanpa tangan, dan dia melakukan semuanya dengan dua kakinya. Memasak, menyulam, mengendarai mobil, mengetik, semuanya. Kisah Lena benar-benar membuka mata hati kita, seperti apa pun siswa kita, senakal apa pun, sebodoh apa pun, dia pasti memiliki sebuah 'bintang'. Setiap anak adalah karya masterpiece Sang Pencipta. Tak ada satu pun anak yang merupakan produk gagal. Tugas guru adalah membuka jalan bagi setiap anak untuk menjadi bintang. Implikasinya dalam pendidikan adalah dikembangkannya sekolah inklusi: semua anak, dengan apa pun jenis kebutuhan khusus (ABK) harus diterima.

Bingkisan kedua yaitu bahwa kemampuan anak kita seluas samudera. Tugas orang tua dan guru adalah menyelami samudera luas itu untuk mengembangkan segala potensinya. "Jangan memandang kemampuan anak kita sempit". Perkembangan anak tidak perlu dilihat dari ranking dia di kelas, namun yang lebih penting adalah mengukur kemajuan dan perkembangannya dibandingkan dengan tahap-tahap perkembangan anak itu sendiri (ipsativei).

Bingkisan ketiga, setiap anak cerdas dengan multiple intelligence (MI). MI merupakan harta karun. Redefinisi kecerdasan menurut teori MI adalah kebiasaan, perilaku yang diulang-ulang (habit). Kebiasaan menciptakan produk-produk baru yang bernilai budaya. Cirinya adalah creative (lebih kepada aspek psikomotorik) dan kemampuan memecahkan masalah (problem solving, lebih kepada aspek kognitif dalam arti luas). Dengan begitu beragamnya kecerdasan dan gaya belajar anak, guru dan orang tua harus bisa memberikan stimulus yang tepat. Gaya belajar siswa harus dipahami dan mengajar harus menggunakan multistrategi. Howard Gardner memastikan bahwa setiap anak memiliki spektrum kecerdasan dan tugas kita adalah membukakan jalan bagi mereka untuk mengembangkan semua spektrum kecerdasannya. Tidak perlu ada kastanisasi bidang studi, bahwa IPA lebih unggul daripada IPS, bahwa anak cerdas adalah mereka yang nilai matematikanya tinggi, dan seterusnya.

Bingkisan keempat adalah discovering ability. Setiap orang tua dan guru harus menjelajahi kemampuan anak meskipun sekecil debu. Kembangkan kemampuan dan 
kubur ketidakmampuan anak. Untuk menjelaskan topik ini, Munif menunjukkan bagaimana seorang anak cerebral palsi berhasil menjuarai triathlon. Tidak terbayangkan bagaimana seorang cerebral palsi bisa mengikuti kejuaraan berat itu. Ternyata ada seorang ayah yang luar biasa.
Seorang ayah yang selalu melakukan 'discovering ability'.
Berkaitan dengan hal ini, seorang guru haruslah lebih banyak sebagai fasilitator, 
katalisator dan melakukan
penilaian otentik.

Bingkisan kelima adalah bakat. Setiap anak memiliki bakat dan tugas guru adalah menemukan bakat anak. 

Guru adalah profesi yang profesional. Dia dituntut untuk terus berkarya dan mampu memecahkan masalah. Tantangan bagi guru yaitu bagaimana menghayati profesinya supaya mereka menjadi profesional. Guru yanhg profesional adalah guru yang "mengajar dengan hati".

Surabaya, 15 Maret 2014. 19.50 WIB.

LN
(Nunggu boarding di Bandara Yogya)

Rabu, 05 Maret 2014

Kisah Mobil Dinas

Hari ini saya memperoleh mobil dinas. Merk-nya Toyota Avanza, keluaran tahun 2008. Sama seperti mobil dinas para Dekan dan Direktur Pasca serta Kepala Lembaga dan UPT di lingkungan Unesa. 

Saya menandatangani Berita Acara Serah Terima mobil itu siang tadi, di kantor kabag perlengkapan. Setelah tanda tangan, saya menerima kunci kontak dan STNK. Satu kunci kontak dan STNK mobil, dan satu kunci kontak dan STNK sepeda motor. Sepeda motor itu untuk digunakan staf PPG yang tugasnya sebagai pengantar surat.

Karena mobil dinas, mobil itu berplat merah. Saya bilang mobilnya bengesan (pakai lipstick). Saya langsung menyerahkan kunci kontak dan STNK kepada Anang, driver PPG.

"Kamu ambil mobil dinasnya, di kabag perlengkapan. Biar aku nyetir sendiri bawa mobilku."
"Terus, ibu, saya bawa ke mana mobilnya?"
"Ke PPG."
"Terus ibu ke PPG-nya gimana? Masak ibu mau nyetir sendiri."
"O iya ya..." Saya berpikir sejenak. Malas juga nyetir sendiri ke Lidah. Macetnya itu lho, apa lagi kalau sore hari, waktunya pulang, bisa bikin stres di jalan. "Bagaimana sebaiknya ya?"
"Apa ibu saya antar ke PPG dulu, terus nanti saya balik ke sini untuk ambil mobil dinas?"
"Terus, pulangnya aku gimana?"
"O iya ya...." Gantian Anang yang linglung.
"Gini aja. Aku akan parkir mobilku di rumah, kamu nyusul. Ntar kita ke PPG pakai mobil dinas saja."
"Inggih, ibu."

****

Siang ini, saya meluncur ke PPG dengan mobil dinas. Mobil itu, maaf, baunya apek. Saya membuka jendela meski AC menyala, berharap bau apek dan aroma tembakau tidak mulek di dalam. Jok mobil juga kotor di beberapa bagian, karpetnya berdebu, dan ada bekas-bekas oli di beberapa bagian dinding dan langit-langitnya. 
"Nang, ini mobil jorok banget sih..." Kata saya.
"Iya, ibu....kurang terawat."
"Padahal sebelum diserahkan ke kita, bu Ratih bilang kalau mobil diservis, di-balancing, di-spooring...." Bu Ratih adalah kabag perlengkapan.
"Ya, tapi kan bu Ratih tidak bilang kalau dibersihkan, ibu..."
"Iya ya... Bener juga."
Saya gebres-gebres. Aroma di dalam mobil benar-benar memancing penyakit alergi saya kambuh.
"Nang, ntar minta duit mbak Evi, bawa mobil ini ke salon mobil. Biar bersih, biar wangi."
Mbak Evi adalah PUMK PPG.
"Inggih, ibu."
"Dirawat, Nang, mobilnya. Cek olinya, cek rodanya, cek semua. Ini fasilitas, musti dirawat dengan baik. Jangan mentang-mentang punya negara. Ngerti ya, Nang."
"Inggih, ibu..."

***
Mas Ayik, suami saya, setelah beberapa tahun bekerja sebagai kabag personalia di PT Jacobs Biscuits, sejak 2004 dapat mobil dinas. Panther Touring. Karena mas Ayik bekerja di perusahaan swasta, mobil dinasnya tidak berplat merah, tapi hitam.

Mobil dinas itu bukan mobil baru. Tapi mobil itu terawat. Mas Ayik juga merawatnya dengan baik, seperti mobil milik sendiri. Memang BBM dan biaya perawatan dari perusahaan, namun meskipun begitu, mas Ayik sesekali tidak eman mengeluarkan dana pribadi untuk perawatan-perawatan kecil yang dia merasa cukup pakai dana pribadinya.

Untuk masalah sifat 'melu handarbeni', mas Ayik adalah tauladan saya. Waktu kami masih belum punya rumah sendiri, ketika baru saja menikah, kami mengontrak rumah. Rumah itu masih baru, belum ada plafonnya, dindingnya belum diplamir apalagi dicat, kamar mandinya juga masih semipermanen.

Dengan menyisihkan sedikit demi sedikit gajinya (waktu itu saya belum bekerja selain jadi koasisten di jurusan PKK), mas Ayik membeli plamir dan cat. Dia melakukan sendiri, saya membantunya sebisa saya, me-mlamir dan mengecat rumah kontrakan kami, setiap hari sepulang kerja. Dia juga minta izin pada pemilik rumah untuk memasang plafon. Tentu saja pemilik rumah senang-senang saja. Mas Ayik tidak minta pemilik rumah untuk 'nguruni'. Prinsipnya, meski pun rumah kontrakan, tidak milik sendiri, toh kami sekeluarga yang menempati. Kalau tidak nyaman, kami juga yang merasakan. Kalau nyaman, kami juga yang menikmati. Jadi rawatlah rumah seperti milik sendiri.

Seperti itu jugalah sikap mas Ayik pada mobil dinasnya. Sampai suatu ketika, mas Ayik ingin mobil dinas itu jadi miliknya, saking sayangnya. Dia sampaikan keinginannya itu pada manager perusahaan, bahwa dia ingin membeli mobil dinas itu. Ternyata tidak dikabulkan. Sebagai gantinya, mas Ayik malah diberi mobil baru. Tapi mas Ayik harus membayar sebesar 40 persen dari harga mobil itu, yang 60 persen dibayar perusahaan. Ya tentu saja mas Ayik mau-mau saja. Mobil pun dikirim ke rumah. Mas Ayik memilih Swift saja, yang terjangkau dengan uangnya, dan supaya ada mobil kecil. Sementara ini, yang kami miliki adalah mobil keluarga.

***

Sebelum saya memperoleh mobil dinas, saya tentu saja menggunakan mobil saya pribadi. Unesa menyediakan driver. BBM saya atasi sendiri. Saya, waktu itu hanya meminta ke pak PR 2, supaya saya diberi driver. Kondisi jalan yang macetnya luar biasa bila pergi pulang dari rumah ke PPG dan sebaliknya, membuat saya suka stres di jalan.

Bila ada keperluan ke bank, ke jasa pengiriman, menjemput tamu, dan sebagainya, PPG selalu pakai mobil pribadi saya. Kadang-kadang, kalau saya sedang tidak di PPG, mobil bu Yanti atau pak Sulaiman, juga digunakan untuk berbagai keperluan. 

Belakangan ini, para staf, sering menanyakan, kapan PPG dapat mobil dinas. Memang volume kegiatan di PPG semakin lama semakin besar, sehingga keberadaan mobil operasional sangat penting. Teman-teman staf kadang merasa sungkan kalau harus pakai mobil pribadi kami untuk berbagai keperluan itu. Makanya mereka menanyakan tentang mobil dinas untuk PPG.

*** 
Mobil dinas itu, inginnya saya parkir di kantor, di PPG sana. Atau di parkiran di kampus Ketintang.  
"Gimana kalau kamu setiap pagi ambil mobil di kantor, Nang, baru jemput saya?" Saya meminta pertimbangan Anang,
"Ibu, apa tidak riskan?"
"Maksudnya?"
"Rumah saya di Driyorejo. Kalau harus ambil di PPG atau di Ketintang, apa tidak riskan telat, ibu? Di Wiyung dan Gunungsari itu macetnya luar biasa. Belum lagi kalau ibu ngajar jam tujuh pagi..."
"Jadi gimana sebaiknya?" 
"Seperti biasa saja, ibu, saya langsung ke rumah ibu, parkir motor di rumah ibu.."
"Maksudmu, mobil dinas diparkir di rumah saya?"
"Iya, ibu..."
"Alamakkkk..."
Anang tertawa. 

Kalau boleh memilih, sebenarnya saya lebih senang mobil dinas itu tidak parkir di rumah saya. Rumah saya yang kecil mungil dan sangat sederhana, sepertinya tidak cocok menjadi tempat parkir mobil berplat merah. Apa lagi kalau mempertimbangkan segi kenyamanan jiwa dan raga, mobil berplat hitam tentulah lebih nyaman.

Tapi tentu saja saya harus mempertimbangkan banyak hal. PPG membutuhkan mobil operasional, dan driver di PPG adalah Anang. Saya membutuhkan Anang untuk mengantar saya mondar-mandir, dan sangat tidak praktis kalau dia harus mengambil mobil ke kampus dulu, baru menjemput saya di rumah. 

Tapi saya sudah woro-woro ke para staf, siapa pun yang memerlukan mobil itu untuk keperluan dinas, mobil bisa digunakan, dan tidak perlu sungkan-sungkan. Kalau kemarin ada rasa sungkan karena berurusan dengan mobil pribadi, sejak saat ini, rasa sungkan itu tidak perlu lagi. Para staf nampaknya ikut bersuka ria menyambut mobil dinas itu.....

Surabaya, 4 Maret 2014

Wassalam,
LN

Sabtu, 01 Maret 2014

Selamat Datang, Para Peserta PPG.....

Kamis, 27 Februari 2013, dilaksanakan acara pembukaan Program Pengenalan Akademik (PPA) Program Profesi Guru (PPG) Prajabatan SM-3T (Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal). Kegiatan secara resmi dibuka oleh Pembantu Rektor III (PD III) Unesa, Prof. Dr. Warsono, M.S. 

Dalam laporannya, Direktur PPPG Unesa, Prof. Dr. Luthfiyah Nurlaela, M.Pd, menyampaikan bahwa jumlah peserta PPG angkatan kedua ini sebanyak 213 orang. Mereka berasal dari berbagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidkan (LPTK), meliputi Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Nusa Cendana (Undana), Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha), Universitas Negeri Makasar (UNM), Universitas Negeri Gorontalo (UNG), universitas Syiah Kuala (Unsyiah), dan Universitas Mulawarman (Unmul). Para peserta tersebut terbagi dalam 9 program studi, meliputi: Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Bimbingan Konseling (BK), Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Kewarganegaan (PKn), Pendidikan Geografi, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (Penjaskes), dan Pendidikan Ekonomi.

Prof. Luthfiyah juga menyampaikan betapa pentingnya program PPG. Program ini merupakan tumpuan harapan terakhir LPTK sebagai lembaga pencetak tenaga pendidikan yang profesional. Berbagai upaya yang sudah dilakukan dalam rangka meningkatkan kompetensi guru masih dianggap belum membuahkan hasil yang signifikan, dan hal tersebut menjadi salah satu tantangan berat LPTK. PPG diharapkan menjadi jawaban atas tantangan tersebut.

Sebagaimana diketahui, saat ini di seluruh Indonesia terdapat 415 LPTK. Sebanyak 12 LPTK eks IKIP negeri, 26 FKIP Negeri, 1 FKIP Universitas Terbuka (UT), dan selebihnya (376) adalah LPTK swasta. Masalah penjaminan mutu LPTK dan lulusannya menjadi tantangan tersendiri. 

Unesa secara resmi telah menyelenggarakan PPG angkatan kedua, sebagai salah satu LPTK, di antara 17 LPTK yang diberi kepercayaan oleh pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Seluruh peserta akan menempuh PPG selama 1 semester (untuk PGSD) dan 2 semester (untuk program studi yang lain). Selama menempuh PPG, semua peserta diasramakan, dengan demikian kegiatan pengembangan kepribadian dan kompetensi tidak hanya di dalam kampus dan di sekolah mitra, tetapi juga dirancang sedemikian rupa, termasuk kehidupan di asrama. Bahkan kehidupan di asrama juga turut menentukan kelulusan peserta dalam mengikuti PPG. 

Kegiatan workshop PPG sepenuhnya dilaksanakan di Gedung PPPG (Gedung Wiyata Mandala). Kegiatan Praktek Pengenalan Lapangan (PPL) dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) akan dilaksanakan di sekolah mitra. Dengan demikian, selain para dosen yang menjadi instruktur di kegiatan workshop, para guru pamong juga akan terlibat secara cukup intens. Dosen pengampu minimal harus berlatar belakang S2, dan salah satu latar belakang pendidikannya harus dari program studi kependidikan.  

Prof. Warsono, selain membuka acara dalam kapasitasnya mewakili Rektor Unesa, juga memberikan kuliah umum tentang guru profesional. Bahasannya menarik, menyangkut pendidik versus guru, karakter guru yang meliputi ikhlas, kasih sayang dan memiliki idealisme, serta kekayaan tak ternilai yang dimiliki oleh seorang guru. Beliau juga mengkaitkan berbagai praktek kependidikan dan tuntutan akan sosok guru di masa dulu, masa kini dan masa depan, dengan teori-teori belajar behavioristik, sosial, kognitif dan konstruktivis. Para tokoh Psikologi Pendidikan seperti Piaget, Vigotsky, Albert Bandura, dan Pavlov, menjadi sebagian rujukannya. Prof. Warsono juga menegaskan, tugas guru tidak sekadar melakukan transfer of knowledge, namun yang lebih penting adalah bagaimana mengantarkan peserta didik menjadi pebelajar yang mandiri. Metode pembelajaran harus mampu mengaktifkan peserta didik, dan guru lebih banyak menjadi fasilitator. Pembelajaran dengan 'paradigma adalah' harus segera ditinggalkan, dan lebih mendorong kepada peserta didik untuk menanya.  

PPA selain diisi dengan kuliah umum dari Prof. Warsono, juga dipenuhi dengan materi-materi penting seperti gambaran umum PPG Prajabatan SM-3T oleh Direktur PPG, sistem pembelajaran oleh Pembantu Direktur II (Dr. Suryanti), sistem penilaian oleh Pembantu Direktur I (Dr. Raden Sulaiman), etika dan estetika guru oleh Pembantu Rektor I (Prof. Dr. Kisyani, M.Hum), motivasi dan dinamika kelompok oleh Kepala Humas (Dr. Suyatno), dan juga kehidupan berasrama oleh pengelola asrama (Dra. Retno Lukitaningsih, M.Kons dan Drs. Soeprajitno, M.Pd). Materi tentang Kebijakan SOTK (Sistem Organisasi dan Tata Kelola) juga diberikan dengan pemateri dari Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari, dan ditutup pada Sabtu, 1 Maret 2014.

Selamat datang, para peserta PPG. Selamat membangun ke-Indonesiaan, menimba ilmu, dan berjejaring di bumi Unesa, the 'growing with character campus'.

Surabaya, 1 Maret 2014

Wassalam,
LN

Rabu, 19 Februari 2014

Himapala: Aksi Kecil untuk Kemanusiaan

Selasa, 18 Februari 2014, bertempat di Gedung Pusat Jaminan Mutu (PJM) Unesa, telah dilaksanakan kegiatan donor darah. Pelaksana kegiatan adalah Himpunan Mahasiswa Pecinta Alam (Himapala) Unesa. Donor Darah ini merupakan rangkaian kegiatan untuk menandai Ulang Tahun Himapala yang ke 36.

Hadir pada upacara pembukaan antara lain Pembantu Rektor III, Prof. Dr. Warsono, dan Pembina Himapala, Prof. Dr. Luthfiyah Nurlaela, M.Pd, serta perwakilan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya. Dalam sambutannya, Prof. Warsono menyampaikan apresiasinya pada Himapala karena kegiatan donor darah merupakan kegiatan yang sangat mulia. Darah adalah kehidupan, dan sebagaimana slogan PMI, setetes darah kita  sangat besar artinya bagi jiwa-jiwa yang membutuhkan. 

Ibu Vera, wakil dari PMI, menyampaikan rasa terima kasihnya yang tak terhingga atas kegiatan donor darah tersebut. Beliau juga mengemukakan harapannya, agar kegiatan seperti ini tidak hanya dalam rangka menandai ulang tahun Himapala, tapi bisa dilakukan secara periodik, misalnya tiga bulan sekali, di bawah koordinasi Himapala. 

Perlu disampaikan, donor darah hari ini memang bukanlah kegiatan pertama. Himapala sudah melaksanakan kegiatan tersebut belasan kali, dan animo masyarakat kampus untuk menyemarakkan kegiatan sosial ini cukup membanggakan. Dosen, karyawan dan mahasiswa berbondong-bondong untuk mendonorkan darahnya. Bahkan sebelum pembukaan acara dimulai, kru PMI telah melayani para pendonor tersebut. Ke depan, Prof. Warsono berharap, kegiatan donor darah bisa disosialisasikan lebih luas, sehingga masyarakat di luar kampus juga mengetahuinya, dan mereka akan berbondong-bondong datang untuk mendonorkan darahnya. Selain untuk membangun kepedulian, juga sekaligus sebagai wahana untuk lebih mendekatkan Unesa pada masyarakat. 

Selanjutnya pada hari Rabu, 19 Februari 2014 (siang ini), Himapala juga memberangkatkan sejumlah tim relawan yang akan membawa bantuan bagi para pengungsi korban erupsi Gunung Kelud. Bantuan diperoleh dari berbagai pihak, antara lain dari PPPG, BEM Jurusan Teknik Elektro, BEM Universitas, UKKI, dan dari para donatur perseorangan, yang berhasil dihimpun oleh anggota Himapala. 

Upacara pemberangkatan dihelat di halaman Rektorat, dihadiri Rektor (Prof. Dr. Muchlas Samani), PR I (Prof. Dr. Kisyani), PR III, dan Pembina Himapala. Selain itu juga dihadiri oleh delegasi dari BEM-U, BEM-Teknik Elektro, dan UKKI. 

Selain tim yang akan berangkat tersebut, beberapa anggota Himapala sudah bergabung dengan para relawan yang lain di tempat-tempat pengungsian, sejak hari kedua Kelud meletus. Mereka juga yang memberikan informasi kepada para relawan yang akan berangkat, di titik-titik mana sebaiknya bantuan disalurkan. 

Dalam kondisi di mana rasa kepedulian pada lingkungan, baik lingkungan fisik mau pun sosial, yang semakin menipis di kalangan anak muda, kegiatan donor darah dan pemberian bantuan bagi para korban bencana alam, menjadi salah satu tumpuan harapan untuk terus memercikkan rasa kepedulian itu. Meskipun mungkin merupakan aksi yang kecil, namun hal tersebut sangat berarti untuk menempa kepekaan dan kepedulian mereka, sekaligus demi sebuah misi kemanusiaan. 

Surabaya, 19 Februari 2014

Wassalam,
LN

HIMAPALA UNESA, AJANG PENGEMBANGAN KARAKTER

Oleh Luthfiyah Nurlaela

Sejarah Himapala

Istilah pecinta alam, di luar negeri disebut aktivis lingkungan, merujuk pada sekelompok anak muda yang suka berpetualang, naik gunung, lintas hutan, dan beberapa aktivitas di alam yang lain, termasuk di dalamnya adalah aktivitas yang mencerminkan adanya kepedulian pada kelestarian alam. Penghijauan, pengelolaan sampah, konservasi alam, dan sebagainya, adalah sebagian kecil kegiatan kepecintaalaman.

Konsep pecinta alam dicetuskan oleh Soe Hok Gie pada tahun 1964. Gie sendiri meninggal pada tahun 1969 karena menghirup gas beracun Gunung Semeru. Pada awalnya, gerakan pecinta alam merupakan gerakan murni perlawanan sipil atas invansi militer, dengan doktrin militerisme-patriotik. "Kami jelaskan apa sebenarnya tujuan kami. Kami katakan bahwa kami adalah manusia-manusia yang tidak percaya pada slogan. Patriotisme tidak mungkin tumbuh dari hipokrisi (kemunafikan) dan slogan-slogan. Seseorang hanya dapat mencintai sesuatu secara sehat kalau ia mengenal objeknya. Dan mencintai tanah air Indonesia dapat ditumbuhkan dengan mengenal Indonesia bersama rakyatnya dari dekat. Pertumbuhan jiwa yang sehat dari pemuda harus berarti pula pertumbuhan fisik yang sehat. Karena itulah kami naik gunung" (Soe Hok Gie - Catatan Seorang Demonstran). 

Era pecinta alam sesudah meninggalnya Soe Hok Gie ditandai dengan adanya ekspedisi besar-besaran. Pada era 1969 - 1974 merupakan era antara masa kematian Gie dan munculnya Kode Etik Pecinta Alam. Tatanan baru dalam dunia kepecinta-alaman muncul dengan disahkannya Kode Etik Pecinta Alam pada Gladian IV di Ujungpandang, 24 Januari 1974. Pada saat itu di Barat juga sudah dikenal 'Etika Lingkungan Hidup Universal' yang disepakati pada 1972. Era ini menandakan adanya suatu babak monumental dalam aktivitas kepecinta alaman Indonesia dan perhatian pada lingkungan hidup di negara-negara industri. Lima tahun setelah kematian Gie, telah muncul suatu kesadaran untuk menjadikan pecinta alam sebagai aktivitas yang teo-filosofis, beretika, cerdas, manusiawi/humanis, pro-ekologis, patriotisme dan antirasial (Anonim, 2012). 

Dalam 'Etika Lingkungan Hidup Universal' ada tiga hal yang merupakan prinsip dasar dalam kegiatan petualangan yaitu: “Take nothing but picture, leave nothing but footprint, kill noting but time”.  Sejalan dengan hal tersebut, dalam Kode Etik Pecinta Alam Indonesia disebutkan: 1) Pecinta Alam Indonesia sadar bahwa alam beserta isinya adalah ciptaan Tuhan Yang Maha Esa; dan 2) Pecinta alam Indonesia sadar bahwa pecinta alam sebagai makhluk yang mencintai alam sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

Himpunan Mahasiswa Pecinta Alam (Himapala) Universitas Negeri Surabaya (Unesa), sebagai salah satu dari puluhan, bahkan ratusan perhimpunan pecinta alam di tanah air, memiliki sejarahnya sendiri, meskipun tidak terlepas dari sejarah pecinta alam di Indonesia. Oleh karena adanya kecintaan terhadap alam yang terwujud dalam berbagai kegiatan di tengah alam, sekelompok mahasiswa IKIP Surabaya (sekarang Unesa), pada tanggal 13 Januari 1978 mendirikan sebuah organisasi yang bernama Himpunan Mahasiswa Pencinta Alam Keluarga Mahasiswa IKIP Surabaya (disingkat Himapala KM IKIP Surabaya). 

Jauh sebelum Himapala berdiri, embrio Himapala sudah ada saat bendera Dewan Mahasiswa (DEMA) masih tegar berdiri di bumi kampus IKIP Surabaya. Tepatnya pada penghujung 1977, sekelompok Mahasiswa IKIP yang mempunyai kesamaan hobi mendaki gunung, mempunyai ide membentuk suatu wadah organisasi yang dapat menampung segala kegiatan di alam bebas. Ide tersebut diajukan kepada DEMA untuk mendapat perlindungan dan nasehat untuk pembentukan selanjutnya.

Sebagai tindak lanjut dari usulan tersebut, dibentuklah sebuah tim yang terdiri dari 12 orang untuk menyiapkan pembentukan organisasi. Tim tersebut adalah Heru Nooryanto, Fatah Hadi Susanto, Ram Surya Wahono, Bambang, Arethank, Wahyu Choirot, Ahli Budi, M. Tis Amin, Hadi Purnomo, Mulyono serta Sigit Satata. Setelah tim terbentuk, mulailah tim bekerja untuk membuat proposal dan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART).

Setelah melalui proses yang agak panjang dan melelahkan, akhirnya pada tanggal 10 Januari 1978, AD/ART selesai dan ditandatangani oleh tim 12 tersebut. Dalam AD/ART tercantum bahwa nama organisasi adalah Himapala KM IKIP Surabaya. Namun sebelum nama ini ditetapkan, organisasi tersebut diusulkan bernama GMPA (Gerakan Mahasiswa Pencinta Alam). Karena pada saat itu mahasiswa dihadapkan pada problema kelesuan politik, dikhawatirkan nama tersebut berbau borjuis yang nantinya ditafsirkan sebagai organisasi politik. Walaupun AD/ART sudah jadi, Himapala belum bisa dikatakan berdiri karena pada saat itu proposal belum ditandatangani ketua DEMA sebagai pelindung.

Peristiwa yang menandai berdirinya Himapala adalah Pataka, yaitu berjalan dari ketinggian 0 meter di atas laut (mdpl) sampai ketinggian 3129 mdpl di puncak Gunung Welirang. Pelarungan bendera Pataka dilaksanakan pada tanggal 10 Januari 1978. Setelah melalui upacara dengan khidmat sekitar pukul 24.00 WIB, tim mulai berjalan dari Pantai Kenjeran menuju puncak gunung Welirang. Tepat pukul 13.00 WIB tanggal 13 Januari 1978, berkibarlah bendera pataka di puncak Gunung Welirang diiringi lagu syukur yang menandai lahir dan berdirinya Himapala. Pada akhir pelaksanaan Pataka tersebut proposal ditandatangani oleh ketua DEMA Heru Noorjanto, dan lengkaplah kelahiran bayi Himapala di bumi kampus IKIP Surabaya.


Aktivitas Himapala

Saat terbentuk, Himapala masih berupa badan semi otonom di bawah naungan DEMA IKIP Surabaya. Setelah periode DEMA dihapus dari peredaran kampus karena permasalahan politik yang bergejolak, yang diwarnai dengan maraknya aksi mahasiswa turun ke jalan menjelang Sidang Umum MPR pada Maret 1978, maka kehidupan diperbaharui dengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) tanggal 19 April 1978 Nomor 0156/U/91778 tentang Normalisasi Kehidupan Kampus (NKK), serta tanggal 24 Februari 1978 No. 037/U/1979 tentang bentuk susunan organisasi kemahasiswaan di lingkungan perguruan tinggi. Berdasar SK Mendikbud tanggal 24 September 1980 Nomor 0230/U/1980 tentang pedoman umum organisasi dan keanggotaan Badan Koordinasi Kemahasiswaan (BKK) universitas dan institut negeri yang disebut periode NKK/BKK, maka Himapala merupakan badan otonom yang bertanggung jawab langsung kepada Rektor. Lingkup kegiatan adalah menampung seluruh kegiatan yang berhubungan dengan aktivitas kepencinta alaman.

Aktivitas Himapala tertuang dalam program kerja tahunan, yang terbagi menjadi program kerja rutin dan insidental. Program kerja rutin antara lain adalah: 1) Latihan Keterampilan dan Kepemimpinan Himapala (LKKH) dalam rangka perekrutan anggota baru dan pengembangan keterampilan dan kepemimpinan anggota baru, 2) Musyawarah Anggota dalam rangka melakukan reformasi Badan Pengurus Harian (BPH) Himapala, 3) Program Unggulan, misalnya Program Pengabdian kepada Masyarakat (PPM), 4) Ekspedisi, dan 5) Silaturahim Himapala dalam bentuk reuni atau halal bi halal. Sedangkan program insidentil, misalnya berupa: 1) Peringatan Hari Bumi dan Hari Lingkungan, 2) Pengelolaan sampah, dan 3) Penggalangan bantuan untuk bencana.

Tidak hanya berkecimpung di dunia outdoor sport, himapala unesa juga mengambil bagian di bidang sosial salah satunya dengan kegiatan Pekan Pengabdian Masyarakat (PPM). PPM adalah program unggulan Himapala Unesa yang dilangsungkan hampir setiap tahun. Kegiatan tersebut bertujuan agar para anggota Himapala mempunyai rasa tanggung jawab dan jiwa pengabdian, serta dapat berperan aktif di masyarakat. Tanggal 24 Juni 2010 yang lalu, misalnya, dalam rangka PPM, Himapala bekerja sama dengan BSMI Surabaya dan YDSF (Yayasan Dana Sosial Al Falah) memberikan pelayanan medis dan penyerahan paket susu bagi warga Desa Douro Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang. Beberapa kegiatan yang lain dalam rangka PPM ini adalah:  membantu mengajar di TPQ; membimbing kelompok belajar untuk siswa SD; pelatihan seni tari, baca pusi dan tartil; outbond dan flying fox, electric fun, puzzle, spider wrap; dan berbagai lomba untuk siswa SD dan pemuda. Untuk ibu-ibu PKK diberikan pelatihan daur ulang sampah plastik yang pematerinya langsung dari dosen biologi Unesa, tentu saja dibantu oleh para anggota Himapala sendiri; papanisasi, pembibitan lele, pelatihan servis dan servis gratis dari UPM Unesa.

Pada kesempatan lain, Himapala mengajak seluruh sivitas akademika dan masyarakat umum untuk peduli pada lingkungan. Dalam rangka mengurangi efek pemanasan global, maka bertepatan dengan Hari Bumi, Senin 25 April 2011 yang lalu, Himapala mencanangkan agenda yang bertema “Satu Hari Tanpa Asap.” Kegiatan semacam itu terus menjadi kegiatan setiap tahunnya.

Tentu saja banyak aktivitas lain yang telah mewarnai Himapala sejak awal berdirinya. Beberapa aktivitas sekaligus prestasi tersebut antara lain adalah: 1) Ekspedisi pulau tidak berpenduduk di Nusa Barung, Long March Rute Anyer- Panarukan (1982); 2) Penelitian Gua II (Juara II dalam lomba karya tulis ilmiah Nasional) (1986); 3) Tour de East java Mountain (Welirang, Arjuno, Semeru, Bromo, Ijen dan Raung) (1987); 4) Pemandu pemanjat dunia Prancis (Patrick Berhault) di Tebing Lingga (1988); 5) Penelitian Goa Pongangan Gresik (1988); 6) Pendakian Gunung bersalju Cartenz Pyramide Irian Jaya (1989); 7) Penelitian Pengangkatan Air Gua Suling Pacitan (1992);  8) Lomba peranserta masyarakat dalam KSDA dan lingkungan Hidup Tingkat Nasional (Juara I) (1993); 9) Lomba perahu karet (HUT KODIKAL) (Juara) (1995); 10) lomba Arung Brantas Kediri s/d Surabaya HARDIKAL (Juara I) (1997); 11) Panitia Gladian nasional XII Pencinta Alam Indonesia (2001); 12) Penghijauan kaki gunung Penaggungan (2003); 13) Pusat informasi Daerah (PID) Mapala Jatim periode 2005-2006; 14) Triangle Expedition (ekspedisi 3 divisi; caving, KSDAH, rock climbing); dan 15) Ekspedisi Malang selatan (Panjat Tebing dan Susur Gua).

Pada tahun 2013 yang lalu, Himapala juga mengukir prestasi nasional maupun internasional, khususnya dalam bidang arung jeram. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan, yaitu Ekpedisi Lawe Alas di Aceh, merupakan salah satu kegiatan unggulan, yang sekaligus sebagai persiapan untuk kegiatan ekspedisi Rafting di New Zealand menjelang akhir tahun 2014 ini. Rencananya, ekspedisi ini akan menjadi kado ulang tahun Unesa yang ke-50.  


Sarat dengan karakter

Sebagai salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Unesa, Himapala merupakan ajang untuk mengembangkan karakter mahasiswa. Melalui berbagai aktivitas yang dilakukan, anggota Himapala tidak hanya dituntut kuat secara fisik, namun yang lebih penting adalah kuat mentalnya. Selain itu, kemampuan untuk memecahkan masalah secara mandiri sekaligus bekerja sama, kemampuan untuk bisa memimpin diri sendiri sekaligus memimpin orang lain, sikap peduli dan setia kawan, serta keberanian untuk berkompetisi sekaligus berkolaborasi, merupakan nilai-nilai karakter yang senantiasa terus dikembangkan. 

Nilai-nilai karakter tersebut sebenarnya telah tertuang dalam lambang Himapala. Nilai-nilai karakter yang diharapkan akan mewarnai setiap anggotanya. 
Makna dari lambang tesebut adalah: (1) Unsur kepencintaalaman digambarkan dengan mata angin berwarna merah putih yang berkesan tajam dan kaku, menunjukkan arah dan tujuan Himapala yang dijiwai oleh keberanian dan kebenaran; 2) Unsur Unesa digambarkan dengan sayap berkembang yang merupakan unsur dominan dari lambang Unesa, berwarna kuning emas dan berkesan luwes karena lekukan-lekukan sayapnya, berjumlah sembilan dari tiap sisinya yang terdiri empat sayap besar dan lima sayap kecil, yang mengandung makna berkembang dengan semangat proklamasi tahun 1945 dan berdasarkan keluhuran budi, yang merupakan arti dari warna kuning; 3) Perpaduan antara kedua unsur tersebut saling berkait dengan erat sehingga kesan tajam dan kaku dari mata terpadu dengan sayap terkembang yang berkesan lembut dan luwes, menjadi paduan yang harmonis. Dari perpaduan tersebut bisa diartikan: dengan dilandasi keluhuran budi, semangat proklamasi dan dijiwai oleh keberanian dan kebenaran, kita kembangkan Himapala mencapai tujuan.

Selanjutnya permaknaan dari mata angin sebagai tujuan Himapala adalah sebagai berikut: Secara harfiah, mata angin adalah petunjuk arah dan telah diketahui bersama bahwa arah ke atas menunjukkan arah utara, arah ke bawah menunjukkan arah selatan, sedangkan arah ke kanan untuk arah timur, ke kiri untuk arah barat. Namun dalam lambang ini maknanya adalah sebagai berikut: 1) Arah ke atas mengandung makna: meningkatkan kualitas anggota dalam rangka mengabdi kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan menjunjung tinggi almamater; 2) Arah ke samping kiri dan kanan mengandung makna: mengembangkan pribadi, potensi, kreativitas, keilmuan dan budaya mahasiswa agar berperan aktif dan positif demi darma baktinya pada masyarakat dan negara; mengembangkan dan meningkatkan persatuan dan kesatuan serta rasa kekeluargaan terhadap sesama pencinta alam khususnya, dan masyarakat pada umumnya; 3) Arah ke bawah mengandunga makna: melestarikan alam semesta dan memupuk cinta tanah air.

Berdasarkan gambaran tentang aktivitas Himapala serta makna lambang Himapala, jelaslah bahwa Himapala Unesa memberi perhatian yang penting pada pengembangan karakter, sejak awal berdirinya. Hal tersebut juga tergambar pada Kode Etik Himapala, meliputi: 1) Bertakwa kepada Tuhan Yang Mahaesa; 2) Menjunjung tinggi nama almamater; 3) Mempunyai rasa solidaritas terhadap sesama pecinta alam; 4) menghormati adat-istiadat setempat; dan 5) Mencintai alam semesta.


Dihimpun dari berbagai bacaan:

Anonim. 2012. Sejarah Singkat Pecinta Alam Indonesia.http://www.belantaraindonesia.org/2012/01/sejarah-singkat-pecinta-alam-indonesia.html

Anonim. 2012. Sejarah Gladian Nasional pecinta Alam Indonesia.http://uplmpa.unsoed.ac.id/profile/kode-etik-pencinta-alam/sejarah-gladian-nasional-pecinta-alam-indonesia

Anonim. 2010. Baksos Himapala Unesa BSMI Surabaya hingga ke Jombang.http://bsmisurabaya.or.id/baksos-himapala-unesa-bsmi-surabaya-hingga-ke-jombang

himapala.unesa@rocketmail.com

Tim Penyusun. 2011. Materi LKKH 2011. Tidak diterbitkan.

Tim Penyusun. 2011. Laporan Pertanggungjawaban Badan Pengurus Harian Periode 2011 Himapala Unesa. Tidak diterbitkan. 

Catatan:
Tulisan ini sedianya akan dimuat dalam sebuah buku antologi "pengembangan karakter melalui unit kegiatan kemahasiswaan". Buku yang seharusnya terbit pada 2012 oleh Unesa. Tetapi oleh karena minimnya artikel, maka buku tersebut nampaknya tidak jadi diterbitkan.