Pages

Senin, 02 Juni 2014

Please Note Your Boarding Time

Pagi ini saya kembali menyapa Juanda. Hari ini saya dan besok terjadwal melakukan monitoring dan evaluasi (monev) Program PPG di UNY. Bila on time, saya akan menumpang Wings Air menuju Yogyakarta pada pukul 07.10. Diperkirakan pukul 08.20, saya akan tiba di Yogyakarta.

Di pintu masuk bandara, saya bertemu Mendikbud M. Nuh, bersama ajudannya, Mas Rizal, polisi yang tinggi semampai  dan ngganteng itu. Pak Nuh  tersenyum lebih dulu ke saya. "Selamat pagi, Pak." Saya mengulurkan tangan, tapi, tidak seperti biasanya, beliau menolak bersalaman. Mungkin beliau habis wudhu dan bersiap salat dhuha. Atau mungkin karena sebenarnya beliau tidak suka bersalaman dengan lain jenis, khas kyai NU, kecuali terpaksa. Hehe. Mas Rizal, yang dalam kondisi rileks biasanya sangat 'celelekan', kali ini 'macak' sopan, formal, dan tidak banyak cakap.

Saya mengantri di barisan penumpang Wings Air. Pak Nuh dan ajudannya berlalu, Mas Rizal bilang, 'bapak' naik Twin Air.

Setelah menerima boarding pass, saya langsung naik ke lantai dua. Dua orang gadis menyambut di ujung tangga, dengan membawa papan kecil berwarna biru dengan tulisan putih. Saya sempat membaca di salah satu papan itu. "Please note your boarding pass." Oya, saya jadi ingat, beberapa waktu yang lalu, saya mendengarkan informasi dari televisi kalau sejak Juni 2014, pengumuman naik pesawat tidak lagi akan dilakukan di Bandara Juanda. Penumpang harus mencermati waktu boarding-nya masing-masing, karena kalau tidak, mereka bisa ketinggalan pesawat.

Maka saya bayangkan Bandara Juanda sejak hari ini akan sunyi dan tenang, tidak ramai oleh pengumuman-pengumuman masuk pesawat yang sambung-menyambung seperti biasanya. Dan benar. Beberapa waktu duduk di ruang tunggu, saya tidak mendengar pengumuman apa pun. Bagus. Ini akan membuat penumpang lebih hati-hati dan lebih cermat terkait dengan waktu boarding. Ini juga akan membuat penghematan energi karena bandara tidak harus menggunakan loud-speaker terus-menerus. Juga lebih ramah lingkungan, mengurangi polusi suara.

Tapi, olala. Ternyata perkiraan saya meleset. Pengumuman pertama terdengar di seantero gedung. Pengumuman untuk penumpang yang mengandung, membawa bayi di bawah enam bulan, serta yang sedang sakit cacar, supaya mereka lapor. Juga pengumuman kedua, untuk penumpang Lion Air yang membawa bagasi lebih dari satu koli, yang diminta melapor kembali ke konter check in.

Baiklah, kalau pengumuman terkait dengan hal-hal itu, bolehlah. Itu pengumuman penting. Untuk pengumuman waktunya naik pesawat, mungkin tidak akan diumumkan seperti yang sudah diinformasikan.

Tapi, sekali lagi, dugaan saya meleset. Pengumuman demi pengumuman ternyata masih juga berkumandang. Mulai Lion Air yang akan terbang ke Balikpapan, dan lain-lain, sampai akhirnya Wings Air jurusan Yogyakarta. Itu pesawat saya. Maka masuklah saya ke badan pesawat ATR itu.

Mungkin karena saat ini masih masa transisi, meski Bandara Juanda sudah menyampaikan kalau setiap penumpang harus memperhatikan waktu boardingnya masing-masing, informasi waktu naik pesawat masih juga diumumkan. Ya sudahlah, karena masih masa transisi, bisa dimaklumi. Yang akan datang, pasti semuanya akan berjalan sesuai rencana.

Jadi, perhatian untuk semua penumpang yang akan berangkat dari Bandara Juanda, please note your boarding time....


Yogyakarta, 2 Juni 2014

Wassalam,
LN

0 komentar

Posting Komentar

Silakan tulis tanggapan Anda di sini, dan terima kasih atas atensi Anda...