Pages

Selasa, 05 Oktober 2021

Antara Bengkulu dan Yogya


Kemarin di BPPMDDTT Bengkulu, hari ini di BBPPMDDTT Yogyakarta. Lain Bengkulu lain Yogya. Kalau Di Bengkulu banyak tanaman keras seperti sawit, durian, karet, manggis, Yogya lebih ke tanaman 'lunak'. Tomat, terong, sawi, cabe, bunga-bunga. Ada lebah madu juga, lebahnya kecil-kecillll imut tidak galak, namanya lebah klanceng ya, madunya ada yang coklat ada yang hitam. Makanan lebah adalah bunga.... apa ya namanya, lupa saya, bunga air mata pengantin, gitu deh sepertinya.... Warnanya merah cerah, dan lebah-lebah itu suka mengitarinya.

 

Oya, ada juga tanaman jeruk, saya lupa juga jeruk apa namanya, kalau nggak salah jeruk dekopon, katanya asli Jepang. Saya sempat memetiknya dua buah, tapi belum sempat saya makan, jadi tidak bisa cerita bagaimana rasanya. Katanya sih rasanya manis kayak yang metik hehhe....

 

Oya, ada juga tanaman edamame, bibitnya dari Jember. Subur dan besar-besar. Saya sempat menikmati adamane segar yang baru saja dipetik dan langsung direbus. Gurih. Asli. Rasanya persis edamame. Kik kik.

 

Oya (ini oya yang ketiga), ada juga sapi, kambing, ayam, kelinci, lele, cacing, ulat, yang semuanya dipelihara. Tapi saya menolak melihat, terutama cacing dan ulat. Hiiii

 

Berada di Balai Besar Yogya ini sungguh bikin kerasan. Bangunan-bangunannya relatif terawat. Lahan optimal dimanfaatkan. Bunga di mana-mana, indah seperti di tempat wisata. Kepala balai ramah dan bervisi. Pegawainya ramah dan solid. Menyenangkan pokoknya.

 

Kapan-kapan saya mau ke sini lagi. Sore ini harus balik Jakarta dulu. Nanti malam harus menghadiri acara Pembukaan Training of Trainers angkatan 3. Pak Menteri yang akan membuka, maka saya harus menyampaikan laporan.

 

Beli sepatu ling-ling ke Bengkulu.

Kenapa Citilink telat melulu....

 

Yogya, 5 Oktober 2021

0 komentar

Posting Komentar

Silakan tulis tanggapan Anda di sini, dan terima kasih atas atensi Anda...