Pages

Jumat, 12 Oktober 2012

Talaud (3): Pemberangkatan ke Talaud

Pagi ini kami harus cepat berkemas. Jam 07.00 kami dijadwalkan berangkat ke Bandara Sam Ratulangi, sehingga tiga puluh menit sebelumnya kami harus sudah makan pagi. Ada setumpuk roti tawar dengan berbagai pelengkapnya, mentega, gula, selai, dan misis. Juga kopi dan teh. Tapi para peserta lebih memilih nasi kotak yang disediakan katering kami. Menunya, nasi goreng, telur ceplok, dan acar. Lombok acarnya kecil-kecil tapi pedas sekali, seperti lombok Sumba. 

Bu Etin cs ternyata membawakan kami nasi jaha dan lalampa, dua makanan khas Menado. Nasi jaha adalah nasi yang dibuat dari beras ketan yang dibumbui dan dibakar di dalam bambu. Sama halnya dengan nasi jaha, lalampa juga dibuat dari beras ketan, tetapi lalampa diisi ikan, dibungkus daun, dan dipanggang. Maka pagi itu kami menikmati semuanya. Sebagai penutupnya adalah klappertart yang kami beli tadi malam.

Klappertart itu hanya sepinggan, berbentuk bulat dengan diameter sekitar 30 cm. Begitu keluar dari kulkas yang ada di lobi hotel itu, saya langsung membuka plastik penutupnya. Aroma legit langsung tercium. Dengan sigap pak Yoyok mengambil beberapa piring kecil (tatakan cangkir) dan sendok di atas meja saji, yang sebenarnya dimaksudkan untuk teh dan kopi. Klappertart memang cara makannya harus disendoki, tidak bisa dipotong-potong seperti puding pada umumnya. Meskipun di bagian luarnya seolah kering, tapi bagian dalamnya basah. Penuh dengan kelapa muda yang 'kemlamut' bercampur krim dan rum. Leker. Kami tidak tega untuk memakannya sendiri. Maka setelah kami mengambil sesendok-sesendok di piring kecil kami masing-masing, kue itu dibawa Andra ke kerumunan para peserta yang sedang menunggu bus jemputan di teras hotel. Sesendok demi sesendok mereka ikut mencicipi kue yang legit itu, dan dalam sekejap, yang tertinggal tinggal pinggannya. Habis tandas. Arti sebuah kebersamaan.

Bus yang menjemput peserta sudah datang. Semua segera bergerak memasukkan bagasi dan menata diri duduk di dalam bus. Pak Heru dan Andra menemani mereka. Kami bertiga masuk ke mobil. Alhamdulilah hari ini semua lancar. Meski pun kami akan terbang pukul 10.30, proses check in sudah beres sekitar pukul 09.00. Aman sudah. Tinggal nunggu boarding di ruang tunggu.

Kami juga berjumpa dengan rombongan dari UM. Didampingi pak Oni dan pak Muslimin, mereka segera check in. Kami bergeser menuju lantai dua setelah menyapa mereka.  

Sampai jumpa di Talaud.


Menado, 12 Oktober 2012

Wassalam,
LN

0 komentar

Posting Komentar

Silakan tulis tanggapan Anda di sini, dan terima kasih atas atensi Anda...