Pages

Minggu, 05 Juni 2016

Menyapa Sumba Lagi: UN Jujur

Tanggal 26 April 2016, pukul 07.15 waktu Waingapu. Saya dan Dr. Rita Ismawati, M. Kes, bersama tiga guru peserta Program SM-3T, Cholik, Zuhal, dan Isnu. Cholik adalah koordinator SM-3T Sumba Timur, alumni Program Studi PPKN Unesa. 

Pagi ini kami akan ke Lewa. Mengunjungi empat sekolah. Menemui kepala sekolah, guru, dan anak-anak sekolah. Tentu saja, dalam rangka monitoring dan evaluasi Program SM-3T. Juga yang terpenting, memastikan 75 peserta SM-3T Unesa angkatan ke-5 berada dalam kondisi baik-baik saja.

Pukul 07.20, mobil kami bergerak dari Hotel Elvin, hotel tempat kami menginap. Menyusuri jalan-jalan berliku menuju Lewa, dengan pemandangan bukit-bukit dan padang sabana, seolah mengobati rindu saya pada Tanah Humba. 

Akhir 2014 yang lalu, saya berkunjung ke Sumba, untuk yang kesekian kalinya, dan melakukan perjalanan monev ke Pulau Salura, Kecamatan Karera. Sensasinya melaut bersama 'orang gila' seperti masih saya rasakan sampai sekarang. Mengarungi samudera luas yang berbatasan dengan Australia itu, hanya dengan perahu nelayan, dan kami tidak berpelampung, dengan hujan deras menerpa hampir sepanjang satu jam perjalanan, sungguh pengalaman yang sangat mendebarkan. Kepala sekolah SMP Satap Salura, Pak Heri, hanya tersenyum saja ketika saya protes kenapa kami tidak disiapkan pelampung. Beliau hanya berujar, "tidak apa-apa, ibu, tidak apa-apa, aman."

Kami sebenarnya sudah tiba di Waingapu dua hari yang lalu. Hari pertama kami gunakan untuk berbincang dengan para peserta SM-3T di rumah kontrakan mereka di Waingapu. Oya, mereka memang sedang ada di kota, kecuali yang sekolahnya akan dikunjungi tim monev. Selain untuk mempermudah kami dalam menggali data monev, juga karena mereka sedang mempersiapkan acara seminar nasional yang akan digelar besoknya.  

Kemarin, acara seminar itu dihelat. Tempatnya di Aula SMA 1 Waingapu. Tema seminar adalah "Upaya peningkatan kompetensi guru di Kabupaten Sumba Timur." Narasumbernya tentu saja saya, karena memang mereka memanfaatkan kehadiran saya dalam rangka monev. Narasumber kedua adalah kepala dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olah Raga (PPO) yang diwakili oleh sekretaris dinas, Ruben Nggulindima, S.Sos, M. Pd. 

Seminar diikuti oleh sekitar 75 guru dari seluruh Kabupaten Sumba Timur. Pak Heri, kepala sekolah SMP Satap Salura itu,  ada di antara para peserta seminar. Luar biasa bahagianya saya bertemu dengan 'orang gila' itu. Laki-laki asal Muncar, Banyuwangi, yang telah mengabdikan dirinya sebagai guru puluhan tahun di Sumba Timur itu tak kalah lebar senyumnya. Membuat rindu saya pada Salura membuncah. "Salam saya pada Salura, Pak Heri." Kata saya. Andai waktu memungkinkan, ingin rasanya saya mengunjungi Salura, sebuah pulau berpenduduk para nelayan muslim itu. Namun saya harus menahan diri, dan membiarkan rindu pada Salura tersimpan rapi. Berharap semoga suatu ketika saya bisa menuntaskannya.

Semalam kami juga masih sempat on air di Radio Max FM. Berbincang tentang Program SM-3T dan Pendidikan di Sumba Timur. Karena interaktif, obrolan tema tersebut jadi lebih gayeng karena ada pertanyaan dan komentar dari pendengar yang harus ditanggapi. Hari yang cukup padat tapi menyenangkan.

Hari ini, kami mengunjungi beberapa sekolah di Kecamatan Lewa, yaitu di SDN Matawai Kurang, SMPN Satap Matawai Kurang, SMPN Satap Kangeli, SMPN Satap Praimarada, dan SMAN 1 Lewa Tidahu. Bertemu dengan beberapa kepala sekolah, guru, dan siswa. Mengobrol tentang keseharian mereka dan guru-guru SM-3T, tentang impian dan cita-cita mereka, juga bercanda bersama. Makan menu mi instan dan ayam goreng hasil masakan guru-guru SM-3T dan guru-guru setempat. Minum kelapa muda hasil petik para siswa. Melihat anak-anak sekolah yang sedang belajar dan bermain voli.

Hampir sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Sekolah-sekolah yang kami datangi adalah sekolah yang kering. Tidak hanya kering dalam arti sebenarnya, karena kebetulan saat ini air sedang sulit. Namun juga kering inovasi, kreativitas, dan motivasi. Kekeringan itu nampak mulai dari pintu depan sampai ke kelas-kelas. Dinding-dinding hanyalah dinding-dinding polos tanpa pajangan. Halaman yang luas dipenuhi tanaman yang tumbuh bukan karena ditanam, lebih banyak berupa tanaman liar. Jangan tanya seperti apa perpustakaan, ruang guru, dan bangunan lain seperti kamar mandi misalnya. Sebagian besar cukup memprihatinkan.

Namun begitu, di beberapa sekolah, kami masih menemukan keceriaan dan semangat. Setidaknya ada guru-guru SM-3T yang bertugas di sana, dan merekalah tumpuan harapan untuk memberi warna yang berbeda pada sekolah-sekolah tempat mereka bertugas. Menanamkan benih-benih semangat dan kecintaan pada ilmu, pendidikan dan kepedulian.

Sumba Timur sesungguhnya berkembang dengan cukup pesat, setidaknya dengan perubahan-perubahan yang saya lihat di Waingapu, kota kabupatennya. Akhir 2011 adalah kunjungan pertama saya ke Waingapu. Bersamaan dengan sosialisasi Program SM-3T yang waktu itu baru saja diluncurkan. Saat itu, Waingapu adalah kota yang sepi. Tidak banyak pertokoan dan tenda-tenda para penjual makanan. Hotel Elvin hanya memiliki belasan kamar. Di sekitarnya sepi-sepi saja. Mobil dan motor juga hanya sesekali melintas. Pusat keramaian ada di Taman Kota, dengan beberapa penjual es kelapa muda di sekelilingnya.  

Saat ini, setelah lima tahun berlalu, Waingapu telah menjelma menjadi kota yang cukup ramai. Tanah kosong di depan Hotel Elvin tempat kami menginap, kini telah dipenuhi dengan pertokoan. Swalayan ada di mana-mana, meski bukan swalayan waralaba semacam indomart dan alfamart. Penjual makanan bisa ditemukan di sembarang tempat, kebanyakan adalah penjual makanan dari Jawa, Madura, dan beberapa makanan Padang. Toko-toko fashion juga menjamur. Pendeknya, Waingapu bersolek, meski belum secantik kota-kota kabupaten di Jawa misalnya.

Satu lagi perkembangan yang saya lihat, Sumba sudah banyak dikunjungi turis mancanegara. Ketika menumpang pesawat dari Denpasar kemarin, kami satu pesawat dengan belasan turis. Beberapa obyek wisata alam dan budaya telah banyak diunggah di dunia maya, dan dari sanalah salah satunya yang menarik turis datang mengunjungi Sumba.

Namun begitu, di pelosok Sumba, keadaan tidak banyak berubah. Air menjadi barang langka dan ketiadaan listrik adalah hal biasa. Anak-anak dalam keadaan dekil dan kurang terurus. Makanan mereka setiap hari kebanyakan bubur dan sayur pucuk labu, sekali-sekali dengan lauk ikan kering. Orang-orang tua tak kalah dekilnya, dengan baju-baju sederhana yang menempeli tubuh mereka. Rumah mereka, kebanyakan beratap rumbai dan seng, dengan babi-babi dan anjing piaraan mereka berkeliaran.  

Menurut data, Sumba Timur, sebagaimana kabupaten lain di Nusa Tenggara Timur (NTT), sebenarnya tidak kekurangan guru. Rasio guru-siswa adalah 18. Masih normal. Namun memaknai angka rasio guru-siswa di kabupaten-kabupaten 3T tidaklah sesederhana itu. Sekolah-sekolah yang tersebar berjauhan jaraknya, dengan kondisi medan yang tidak mudah dan bahkan seringkali berbahaya, hanya diurusi oleh seorang kepala sekolah dan beberapa guru. Seringkali, sekolah yang ada, siswanya hanya dalam hitungan belasan. Sekecil apa pun jumlah siswa, kebutuhan guru pada dasarnya sama dengan sekolah yang jumlah siswanya besar, karena setiap mata pelajaran membutuhkan guru yang seharusnya sesuai dengan mata pelajaran tersebut. Menghitung kecukupan jumlah guru di daerah 3T hanya bertumpu pada rasio guru-siswa, sesungguhnya tidak banyak bermakna. Seperti itulah yang dikemukakan Sekdin PPO. Sangat rasional.

Belum lagi bila dikaitkan dengan fakta yang lain, misalnya kualifikasi guru. Banyak guru yang underqualified, juga mismatch. Guru yang belum S1 atau D4, dan guru yang mengajar bukan pada bidang yang sesuai dengan kompetensinya. Namun di antara begitu banyaknya masalah guru, bagi saya, yang paling memprihatinkan adalah etos kerja guru yang rendah.

Kepala dinas, kepala sekolah, dan guru-guru, kebanyakan mengakui rendahnya etos kerja tersebut. Sepertinya hal itu sudah menjadi rahasia umum. Guru yang PNS, jarang ke sekolah atau bahkan mangkir dari tugasnya, banyak. Guru yang mengajar asal-asalan, tak terhitung. Guru yang mengandalkan kekerasan dalam mendidik siswa, sudah sangat lazim. Seringkali diperparah dengan rendahnya kepemimpinan kepala sekolah dan pejabat terkait yang lainnya, lengkap sudah penyakit komplikasi di sekolah-sekolah tersebut.

Namun begitu, saya mulai melihat ada setitik harapan. Saat di seminar nasional tempo hari, sekdin PPO menyatakan, bahwa Sumba Timur memperoleh tingkat integritas baik saat UN tahun lalu. Artinya, tingkat kejujuran dalam UN dinilai baik. Meski skor UN siswa rendah, namun itu lebih baik daripada skor tinggi namun curang. 

Tentu saja saya sepakat dengan statemen sekdin. Meski ada keraguan dalam hati. Praktik kecurangan saat UN tidaklah sebersih itu, juga di Sumba Timur. Namun saya angkat topi dengan keberanian sekdin menyatakan bahwa kejujuran saat UN adalah lebih penting dari sekadar skor UN. Ini pernyataan yang baru sekali ini saya dengar dari pejabat di Sumba Timur, sejak sekitar lima tahun saya blusukan di kota tertinggal ini.

Lebih membanggakan lagi, pernyataan sekdin tersebut ternyata ditindaklanjuti oleh para guru. Mungkin belum semua guru, namun beberapa hari setelah itu, saat UN digelar, beberapa guru menyampaikan pada saya, bahwa mereka melaksanakan UN dengan jujur. Beberapa status di media sosial mereka juga menampilkan status UN jujur itu. Bagi saya, ini kemajuan luar biasa. Betapa membahagiakan mendengar kabar seperti ini. 

Harapan saya, Sumba Timur, juga kabupaten-kabupaten 3T lainnya di seluruh Tanah Air, mulai bangkit mengejar ketertinggalannya dengan cara-cara yang elegan. Kompetensi dan komitmen guru terbangun. Kepala daerah dan kepala dinas yang peduli dan menjunjung tinggi integritas. Orang tua dan semua komponen masyarakat bersinergi. 

Kalau tahun lalu kabupaten tertinggal di Indonesia masih 183 kabupaten, dan tahun ini tinggal 122 kabupaten, semoga pada tahun-tahun yang akan datang, semakin banyak kabupaten yang telah terentaskan dari ketertinggalannya dalam arti yang sebenarnya. Program-program afirmasi harus terus dilakukan supaya apa yang menjadi salah satu tujuan Nawacita yang telah dicanangkan oleh pemerintahan Jokowi-JK, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan, dapat terwujud sesuai harapan.

####

Salam,
LN

0 komentar

Posting Komentar

Silakan tulis tanggapan Anda di sini, dan terima kasih atas atensi Anda...