Pages

Senin, 12 Agustus 2013

Hari Pertama Ngantor

Alhamdulilah, meski dengan hidung mampet karena flu, saat ini saya sudah duduk manis di mobil. Meluncur menuju kampus. Anang, driver PPPG, memegang kemudi. Saya memanfaatkan waktu memainkan BB, duduk di jok tengah.

Kemarin, adalah puncak 'perayaan' idul fitri bagi kami sekeluarga. Setelah mudik ke Tuban, dan sampai di rumah pada Sabtu sore tempo hari, kami langsung bahu-membahu membereskan semuanya. Baju-baju kotor masuk mesin cuci. Berbagai macam uborampe bawaan dari kampung mulai dari jajanan sampai hasil kebun, semua tertata pada tempatnya.

Setelah rapi semua, kami mandi, salat maghrib, dan berangkat ke Carefour, belanja. Lho? Ya, karena besok, kami ketempatan halal bihalal kelompok haji, sekaligus rapat panitia Wisata Religi. Meskipun perkiraan hanya sekitar 15-20 orang yang akan hadir, tapi namanya juga mau ada tamu, maka segala sesuatunya harus disiapkan dengan sebaik-baiknya demi menghormati tamu.

Untunglah apa yang saya cari semua ada di Carefour. Bahan-bahan untuk menyajikan hidangan dengan menu sambal goreng labu siam, sambal goreng udang dan telur puyuh, opor ayam, dan es buah, semua tersedia. Udangnya besar-besar, dan bisa minta dikupaskan lagi. Yang masih ribet tinggal satu, mengupas telur puyuh.

Malam itu, semua hidangan sudah siap. Paginya tinggal memanaskan, menggoreng kerupuk udang, menggoreng pisang dan tape, serta membuat es buah, dan membeli kupat di pasar Karah,  terus menatanya. Beres.

Acara halbil keesokan harinya (kemarin) berjalan dengan lancar. Di kelompok itu, ketuanya adalah mas Ayik, dan saya sekretarisnya. Sekali lagi, nepotisme. Begitulah teman-teman paguyuban mempercayakan ke kami, dan meski pun begitu, kekompakan kami membuat semua urusan menjadi mudah. 

Acara ditutup dengan makan siang, hasil kerja nyonya rumah yang baik hati (hehe), dan alhamdulilah.....semuanya enak, sedap, joss. Itulah kalau memasak dengan hati. Apa pun bahan dan bumbunya, rasanya pasti huwenak... (Ciyusss.....). 

Dan ini hari pertama ngantor setelah libur lebaran. Mungkin karena kecapekan menikmati gegap-gempitanya idul fitri, saya dan mas Ayik kompak, kena flu. Masih mending mas Ayik baru besok masuk kantornya, jadi masih bisa istirahat di rumah (meski saya yakin dia nggak bakalan istirahat, nguteekkk aja...., seperti biasa). 

Saya sendiri harus sudah berangkat ke PPPG pagi ini, karena jam 10, ngundang rapat. Agendanya, persiapan Program Pengenalan Akademik (PPA) S1 KKT, persiapan survei lokasi untuk Jatim Mengajar, dan persiapan prakondisi SM-3T angkatan ketiga. Benar. Tak ada warming-up. Langsung tancap gas, masuk perseneling empat. Wussss......

Baru saja seorang mahasiswa S2 Manajemen Pendidikan menelepon, minta bertemu karena mau mengantar berkas-berkas tesis untuk ujian minggu ini. Saya sudah membayangkan tumpukan berkas bersampul hijau itu. Tadi, di FT, juga sempat bertemu Prof. Munoto, Kaprodi S2 PTK, dan meminta jadwal kosong saya pada bulan ini. Setumpuk tesis juga sudah siap untuk diujikan. Dan malam-malam saya, seperti biasa, akan diwarnai dengan 'nggetu' baca tesis.

Yo wes, kerjo yo kerjo.....

Surabaya, 12 Agustus 2013

Wassalam,
LN

0 komentar

Posting Komentar

Silakan tulis tanggapan Anda di sini, dan terima kasih atas atensi Anda...