Pages

Senin, 19 Agustus 2013

Kabar Awal SM-3T Angkatan Ke-3

Pukul 04.30 WIB. Bahkan bulan pun belum beranjak menuju peraduan saat saya keluar dari lobi Hotel Acacia sekitar satu jam yang lalu. Berlomba dengan waktu menuju Bandara Soetta. Saat ini, saya sudah duduk manis di Garuda Lounge. Memanfaatkan 45 menit waktu yang ada sebelum boarding, untuk salat dan melakukan sesuatu (menulis atau membaca) sambil menikmati teh hangat.

Sejak kemarin siang, saya dan para koordinator Program SM-3T dari 16 LPTK yang lain, melakukan rapat koordinasi di Hotel Acacia, tentu saja bersama tim dari Dikti. Ageda rapat kami adalah penentuan kelulusan calon peserta SM-3T dan plotting kabupaten tempat penugasan. 

Dari sekitar 14 ribuan pendaftar seluruh Indonesia, peserta yang dinyatakan lolos sebanyak 3000 peserta. Peserta yang lolos tersebut akan diundang untuk mengikuti prakondisi sejak tanggal 1-12 September di masing-masing LPTK penyelenggara. Bila mereka lulus prakondisi, mereka akan ditugaskan di 8 kabupaten (sebagaimana tahun yang lalu, plus di 21 kabupaten di Papua dan Papua Barat).

Khusus untuk Papua dan Papua Barat, memang merupakan program khusus di bawah wakil presiden, yaitu program percepatan pembangunan Papua. Pembangunan yang dimaksud menekankan pada bidang pendidikan dan kesehatan. Tahun ini, wapres mengharapkan ada sekitar 1000 orang guru yang ditugaskan di wilayah tersebut. Program SM-3T disebut sebagai program yang dapat memenuhi kebutuhan ini.

Tak ayal, hampir semua LPTK penyelenggara SM-3T kebagian jatah untuk mengirimkan peserta SM-3T ke 21 kabupaten tersebut. Kalau tahun yang lalu hanya UNM saja yang ditugaskan ke tujuh kabupaten di Papua dan Papua Barat, tahun ini, hanya UNP, Undiksha, Untan, Unsyiah dan Unri saja yang tidak. 

Unesa, selain empat wilayah sebagaimana yang sudah ditugaskan tahun yang lalu, tahun ini tambah wilayah Mamberamo Raya dan Mamberamo Tengah. Keduanya ada di Provinsi Papua.

Boarding time....

Jakarta, 20 Agustus 2013

Wassalam,
LN 

3 komentar

Komang Suardika 20 Agustus 2013 00.59

apakah ada sm3t 2013 gelombang 2 nya?? terima kasih

Anonim

Tidak ada. Hanya ada 1 gelombang saja......

KANG PENDI 21 Agustus 2013 07.44

ternyata

Posting Komentar

Silakan tulis tanggapan Anda di sini, dan terima kasih atas atensi Anda...