Pages

Senin, 26 Mei 2014

Jus Pinang Aceh

Pernah minum jus pinang?

Sore ini, sekitar pukul 15.30, saya dan Dr. Heri Yanto, dosen Unnes, tiba di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh. Begitu keluar pintu bandara, sebuah sapa mengagetkan kami.
"Assalamualaikum..."
Ternyata Pak Jufri, Dekan FKIP. Beliau dengan seorang teman, Bapak Samingan, Koordinator PPG SM-3T Unsyiah.

Kami bersalaman dan saling berkabar. Saya pikir, kami akan dijemput driver FKIP saja atau driver dengan koordinator PPG SM-3T atau salah satu dosen. Tidak membayangkan pak Jufri yang akan menjemput.
"Kok Bapak sendiri yang menjemput?" Protes saya. Benar-benar protes. Kalau dekan yang menjemput, saya jadi tidak leluasa untuk mengajak mampir ke sana ke mari sebelum masuk hotel. Padahal rencana saya dan Pak Heri, sore ini mau langsung jalan-jalan ke Masjid Raya Baiturahman dan makan jagung bakar di Pantai Oleele, sambil menikmati matahari terbenam.

"Ya, karena tahu Bu Luthfi yang mau datang, saya putuskan untuk menjemput sendiri." Kata Pak Jufri. Olala...inilah risikonya jadi orang terkenal. Hehe, bercanda.

Kami diantar ke Hotel Hermes. Saat melepas kami bersama room boy yang akan mengantar kami ke kamar, Pak Jufri mengucapkan selamat beristirahat dan mengatakan kalau pukul 20.00 akan datang menjemput kami untuk makan malam.

Selamat beristirahat? Boro-boro.... Hanya sebentar kemudian, setelah menunaikan salat dhuhur dan ashar jama' taqdim, saya dan Pak Heri sudah berada kembali di lobi hotel. Setelah meminta petugas hotel untuk memanggilkan taksi, maka meluncurlah kami menuju Museum Tsunami.

Sayang sekali, museum sudah tutup. Ya, pukul 16.30 museum memang sudah tutup, dan ini sudah pukul 17.00. No problemo. Masih ada yang menarik. Masjid Raya Baiturahman. Masjid indah yang lebih mirip taman rekreasi itu asyik juga untuk cuci mata. Apa lagi ini hari Minggu. Wow, ramainya mantap. Di mana-mana kerumunan orang. Mulai bayi sampai manula. Juga orang-orang berjualan jajanan. Termasuk mi aceh yang dibeber di rombong.

Tapi yang menarik tentu saja tidak hanya itu. Keindahan Masjid Baiturahman itu menyimpan cerita panjang sejarahnya sendiri sejak ratusan tahun silam. Ya, setelah sekitar 600 tahun lebih melewati peristiwa-peristiwa bersejarah, sampai saat ini, masjid itu masih berdiri kokoh sebagai simbol agama, budaya, semangat, kekuatan, perjuangan dan nasionalisme Suku Aceh.

Di seberang jalan masjid, ada juga sederetan rombong yang menjual produk khas. Buah pinang atau jambe. Dari kejauhan, buah yang warnanya hijau itu nambak bergerombol-gerombol digantung-gantung.  "Pak Epi, apa orang Aceh juga makan sirih pinang?" Tanya saya pada driver.
"O tidak, Bu. Itu untuk obat kuat laki-laki."
"Hah?"
"Ya, buah itu diminum sama telur bebek."
Penasaran, saya menyeberang jalan. Memisahkan diri dari Pak Heri dan Pak Epi. Saya mendekati rombong-rombong itu.
"Bu, ini untuk apa?" Saya bertanya pada ibu penjual, sambil menunjuk buah jambe yang dibungkus dengan daun sirih.
Ibu itu melihat ke saya. Agak heran. Mungkin dalam pikirannya, "perempuan ini kalau lihat manisnya sih kayak perempuan Aceh, tapi kok nggak ngerti sirih jambe buat apa." Hehe. Asli, saya tidak ge-er. Tadi, di perjalanan, driver taksi sempat bilang "saya pikir ibu orang Aceh. Ibu rapi sekali pakai kerudung, dan wajah ibu mirip-mirip orang Aceh." Nah, kan? Padahal orang Aceh kan manis-manis...

"Itu....untuk digigit-gigit....untuk menghilangkan bau badan." Jelas ibu penjual. "Satu harganya seribu."
Saya mengangguk-angguk. Kok jawabannya berbeda dengan penjelasan Pak Epi ya? Apa karena yang bertanya saya ya? Kalau yang bertanya bapak-bapak, mungkin jawabannya berbeda.

Dari Masjid Baiturahman, kami meluncur ke Pantai Oleele. Makan jagung bakar dan minum kelapa muda. Sambil menikmati matahari jingga yang jatuh di kaki langit. Ini kali kedua saya menikmati laut di pantai ini. Di tempat yang sama. Dengan keindahan yang juga sama.

Malamnya, sekitar pukul 20.00, kami dijemput oleh Dekan FKIP bersama istrinya, para Pembantu Dekan, para pengelola PPG SM-3T, makan malam di sebuah restoran. Menu di restoran itu tentu saja menarik, terutama seafood-nya. Udang gorengnya besar-besar, gurih, manis, dan juga...gratis. Haha.

Namun ada yang lebih menarik perhatian saya. Saat pelayan membawa dua buah gelas bertangkai yang isinya cairan kental berwarna kelabu seperti kopi susu, saya bertanya ke pak dekan.
"Itu minuman apa, Pak?"
"Itu dia....jus pinang."
"Hah? Jadi pinang diminum?"
"Ya. Ibu mau?" Tanya pak Dekan, yang disambut dengan gelak tawa berderai-derai dari yang lain. Rupanya khasiat jus pinang sebagai obat keperkasaan laki-laki ini membuat pertanyaan saya terdengar lucu di telinga para bapak itu.
"Mumpung bisa ngerjain profesor." Canda pak dekan. "Kalau di kampus, kita tidak bisa kan ngobrol-ngobrol begini? Betul kan, Pak?" Tanyanya pada yang lain.

Jadi, ternyata, jus pinang itu, banyak dijual di sembarang tempat di Banda Aceh ini. Di depan restoran tempat kami makan, juga ada rombong penjual jus pinang. Namanya Jus Pinang Spesial. Entah seperti apa yang spesial itu. 

Selidik punya selidik, jus pinang spesial itu, adalah
campuran beberapa butir pinang muda yang dikupas dan diambil isi buahnya, jahe merah yang sudah dihaluskan, telur bebek diambil hanya bagian kuning telurnya saja, sari kurma, ditambah serbuk habatus sauda. Semua bahan itu dicampur air dan dihaluskan dengan blender. Hasil akhirnya adalah cairan yang sewarna dengan kopi susu.

Selidik punya selidik lagi, ternyata jus pinang tidak hanya berkhasiat sebagai obat kuat laki-laki, tetapi juga untuk obat masuk angin. Artinya, mungkin cocok juga untuk ibu-ibu yang masuk angin. Dari pada kerokan dan blonyohan minyak kayu putih atau minyak tawon, mungkin ada baiknya sesekali mencoba jus pinang.

Berani coba?
Saya tidak. Tidak. Sekali lagi, tidaaaakkkk.......

Banda Aceh, 26 Mei 2013

Wassalam,
LN

0 komentar

Posting Komentar

Silakan tulis tanggapan Anda di sini, dan terima kasih atas atensi Anda...