Pages

Jumat, 02 Mei 2014

Pamit Mendikbud dan Rektor

Upacara Hari Pendidikan Nasional pagi ini dimulai pukul 07.30. Bertempat di halaman Rektorat, upacara diikuti oleh perwakilan semua unsur di Unesa, mulai dari fakultas, pascasarjana, karyawan, dharma wanita, Senat, dan PPPG. 

Dalam sambutannya, Rektor Prof. Dr. Muchlas Samani membacakan sambutan Mendikbud. Salah satu harapan Mendikbud adalah, pendidikan yang semakin terjangkau dan semakin berkualitas bisa segera berhasil diwujudkan. 

Tema Hardiknas tahun ini adalah "Pendidikan untuk Peradaban Indonesia yang Unggul". Artinya, pendidikan tidak hanya untuk menjawab masalah-masalah yang sifatnya praktis dan teknis. Tapi tujuan pendidikan adalah  memanusiakan manusia untuk membangun peradaban unggul.

Salah satu program dalam rangka mencapai peradaban yang unggul adalah perluasan akses pendidikan. BOS, Bantuan Siswa Miskin, program rehabilitasi sekolah, sekolah berasrama, dan lain-lain, termasuk pengiriman guru di daerah 3T dalam Program SM-3T, merupakan perwujudan dari upaya itu. Setidaknya berbagai program tersebut saat ini sudah berhasil meningkatkan angka partisipasi kasar pada tingkat 
SMP, SMA, dan perguruan tinggi.

Terkait dengan program peningkatan kualitas pendidikan, Mendikbud menyebut salah satunya adalah penerapan Kurikulum 2013. Tahun 2014-2015 ini merupakan momentum yang tepat untuk peningkatan kapsitas para guru, kepala sekolah, dan pembenahan perbukuan. Penerapan Kurikulum 2013 diharapkan dapat membentuk sikap, pengetahuan dan keterampilan anak didik agar menjadi manusia yang unggul. 

Mendikbud juga menyampaikan, tahun 2014 ini adalah tahun terakhir sebagai Mendikbud. Ucapan terimakasih yang setinggi-tingginya atas kerjasama, partisipasi dan dukungan semua pihak. Prestasi yang telah diraih adalah prestasi kita semua. Masih banyak kekurangan di sana-sini dan juga kekhilafan, oleh sebab itu Mendikbud memohon maaf yang sebesar-besarnya pada seluruh pemangku kepentingan. Di akhir sambutannya, Mendikbud menyampaikan harapannya, mudah-mudahan dunia pendidikan kita ke depan semakin maju. Dan semua yang telah disumbangkan bagi dunia pendidikan, baik oleh guru, anak didik, kepala sekolah, pemerhati pendidikan, dan lain-lain, semoga menjadi bagian dari amal kerbajikan kita.

Mengakhiri pembacaan sambutan Mendikbud, Rektor meminta waktu dua menit untuk menyampaikan sesuatu. Rektor mengemukakan, pada tanggal 26 Juni nanti, masa jabatannya sebagai Rektor Unesa akan berakhir. Tinggal 54 hari. Rektor menyampaikan permintaan maaf bila selama masa kepemimpinannya, ada banyak kekurangan dan kekhilafan. Rektor juga berharap, Unesa ke depan akan semakin baik dan maju. 

Selamat untuk Pak Nuh dan Pak Muchlas. Selamat sudah mengemban amanah dengan sebaik-baiknya, dengan segala suka dukanya, dengan segala dukungan dan kritik yang mewarnainya. Semoga Allah SWT selalu memberikan berkah kesehatan dan kesuksesan.

Selamat memperingati Hardiknas... 


Surabaya, 2 Mei 2014

Wassalam,
LN

0 komentar

Posting Komentar

Silakan tulis tanggapan Anda di sini, dan terima kasih atas atensi Anda...